Mengapa Kudeta Sangat Populer di Afrika? Salah Satunya Tidak Percaya dengan Demokrasi

Sabtu, 02 September 2023 - 02:10 WIB
loading...
Mengapa Kudeta Sangat Populer di Afrika? Salah Satunya Tidak Percaya dengan Demokrasi
Afrika mengalami panen kudeta. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Tak lama setelah Ali Bongo, presiden Gabon sejak 2009, digulingkan oleh anggota Garda Republik, unit keamanan pribadinya, ia muncul dalam sebuah video pendek, tampak lemah dan mendesak orang-orang untuk “membuat keributan” atas namanya.

Duduk di kursi dengan latar belakang kemewahan yang hanya dicita-citakan oleh segelintir orang Gabon, penguasa jangka panjang di negara kaya minyak di Afrika tengah itu tampak tidak berdaya.

Namun berbeda dengan permohonannya, masyarakat Gabon justru berkumpul di Libreville, ibu kota negara tersebut untuk berfoto selfie dengan para tentara dan menyemangati mereka dalam rangka merayakan berakhirnya dinasti yang dimulai oleh ayah Bongo, Omar, pada tahun 1967.

Sejak tahun 2020, kini telah terjadi 10 percobaan kudeta yang sebagian besar terjadi di Afrika Barat dan Tengah, yang mengakibatkan kehancuran sistem demokrasi di wilayah tersebut dengan cepat.

Namun di negara-negara ini, warganya turun ke jalan untuk mendukung gangguan demokrasi. Di Niger, stadion dipenuhi oleh pendukung pemerintah militer setelah kudeta pada 26 Juli. Pada tahun 2021, ada juga kegembiraan di jalan-jalan Conakry setelah militer Guinea mencopot Alpha Conde, presiden yang memperpanjang masa jabatannya meskipun mendapat tentangan keras dari warga.

Pola reaksi optimisme terhadap pengambilalihan kekuasaan oleh militer merupakan ekspresi rasa frustrasi yang mendalam terhadap para pemimpin sipil di Afrika.

“Dukungan yang tampak bagi militer untuk mengambil alih kekuasaan adalah dukungan tidak langsung, ini bukan dukungan untuk militer,” kata Leena Kofi Hoffmann, peneliti Afrika di lembaga riset Chatham House yang berbasis di London, mengatakan kepada Al Jazeera.

“Ini adalah kesempatan untuk mengatakan bahwa pemerintah yang digulingkan adalah pemerintah yang tidak sepenuhnya mewakili kepentingan kami,” katanya.

Mengapa begitu banyak kudeta di Afrika? Ini adalah 2 jawabannya.

1. Tidak Ada Legitimasi Pemilu

Mengapa Kudeta Sangat Populer di Afrika? Salah Satunya Tidak Percaya dengan Demokrasi

Foto/Reuters

Gabon adalah negara terbaru di Afrika yang pemimpin demokratisnya digulingkan oleh penguasa militer. Sejumlah tentara yang dipimpin oleh Jenderal Brice Oligui Nguema, kepala Garda Republik Bongo, mengumumkan pengambilalihan tersebut dan membatalkan hasil pemilu kontroversial yang konon dimenangkan Bongo.

Di negara dengan populasi sekitar 2,3 juta jiwa dan sekitar 850.000 pemilih terdaftar, pemilihan umum yang diadakan pada tanggal 26 Agustus telah memasuki hari ketiga. Saat suara dihitung, jam malam diberlakukan dan akses internet diputus. Pengamat internasional juga dilarang memasuki negara tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)