Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah di China, Berikut 5 Motivasinya

Rabu, 11 September 2024 - 22:50 WIB
loading...
Pemimpin Afrika Disambut...
Pemimpin Afrika disambut karpet merah di China. Foto/AP
A A A
BEIJING - Dengan kemegahan dan kemegahan, China telah menyambut lebih dari 50 pemimpin Afrika di Beijing pekan lalu untuk menghadiri pertemuan puncak guna memperkuat hubungan di tengah meningkatnya gejolak politik dan ekonomi di seluruh dunia.

"Itu menarik kesombongan mereka," kata Macharia Munene, seorang profesor hubungan internasional yang tinggal di Kenya kepada BBC, mengacu pada sambutan karpet merah - dibumbui dengan hiburan oleh para penari dengan kostum warna-warni - yang diterima para pemimpin.

Koreografi yang cermat dibuat untuk membuat para pemimpin merasa bahwa itu adalah pertemuan yang setara. Banyak dari mereka - termasuk Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa dan William Ruto dari Kenya - mengadakan pertemuan empat mata dengan mitra mereka dari China Xi Jinping dan diajak berkeliling Beijing dan kota-kota lain yang menjadi pusat pembangunan Tiongkok menjelang pertemuan puncak tersebut.

Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah oleh China, Berikut 5 Motivasinya

1. Korban Imperialisme Barat

Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah di China, Berikut 5 Motivasinya

Foto/AP

Seperti yang dikatakan Prof Munene, tujuan Tiongkok adalah untuk menunjukkan kepada para pemimpin Afrika bahwa "kita berada di perahu yang sama, kita semua adalah korban imperialisme Barat".

Paul Frimpong, direktur eksekutif Pusat Kebijakan dan Penasihat Afrika-China yang berbasis di Ghana, mengatakan bahwa negara-negara Barat - serta negara-negara Teluk yang kaya minyak - mencoba menyamai pengaruh China di Afrika.

"Ada minat dan persaingan yang kuat dalam dan di sekitar potensi Afrika," katanya kepada BBC.

2. Memiliki Posisi yang Setara sebagai Negara Berkembang

Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah di China, Berikut 5 Motivasinya

Foto/AP

Cobus van Staden, salah satu pendiri Proyek China-Global Selatan, menulis bahwa China berusaha keras untuk menekankan statusnya sendiri sebagai negara berkembang, yang menandakan solidaritas dengan Afrika dan negara-negara berkembang lainnya. "Hal ini menghindari kesuraman fokus bantuan AS dan UE yang berkelanjutan dengan persyaratan dan khotbah yang menyertainya," tambahnya.

Selama dua dekade terakhir, diplomasi China telah membuahkan hasil. Dari semua negara di dunia, China telah bangkit menjadi mitra dagang terbesar Afrika.

Data dari Dana Moneter Internasional (IMF) menunjukkan bahwa seperlima dari ekspor Afrika ditujukan ke China, yang sebagian besar meliputi logam, produk mineral, dan bahan bakar. Ekspor tersebut telah meningkat empat kali lipat dalam dolar AS sejak tahun 2001.

3. Mengambil Untung dari Perdagangan

Pemimpin Afrika Disambut Karpet Merah di China, Berikut 5 Motivasinya

Foto/AP

Bagi negara-negara Afrika, China juga merupakan "sumber impor tunggal terbesar" untuk barang-barang manufaktur dan mesin, menurut IMF. Namun, neraca perdagangan, dalam banyak kasus, sangat menguntungkan China.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1874 seconds (0.1#10.140)