10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:52 WIB
loading...
A A A
Banyak dari patung-patung tersebut dipugar pada tahun 1990-an oleh para arkeolog dan beberapa masih tergeletak di dalam tanah karena mesin modern seringkali tidak mampu memindahkannya.

9. Tian Tan Budha

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Tian Tan Buddha adalah bangunan besar yang mendominasi lanskap di Ngong Ping, Pulau Lantau, di Hong Kong. Patung besar ini terletak di dekat Biara Po Lin dan merupakan simbol kepercayaan Buddha yang sering disebut sebagai Big Buddha.

Selesai dibangun pada tahun 1993 dan merupakan kombinasi lebih dari 200 keping perunggu yang disatukan untuk membentuk patung.

Tian Tan Buddha berdiri setinggi 112 kaki dan terletak di atas bukit dengan beberapa lantai dan ruangan di bawah bangunannya.

Ruangan di bawah patung raksasa itu menampung lonceng besar, serta diyakini sebagai sisa-sisa Buddha Gautama, yang merupakan tokoh paling dihormati dalam kepercayaan Buddha.

10.David – Michelangelo

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni, umumnya dikenal sebagai Michelangelo, adalah salah satu tokoh paling terkenal dari era Renaisans Italia. Ia adalah seorang pelukis yang produktif, namun lebih dikenal karena bakatnya sebagai pematung pada abad ke-15 dan ke-16.

Banyak karyanya ditampilkan di katedral dan museum di sekitar rumahnya di Florence, Italia, tetapi satu patung khususnya adalah salah satu patung paling terkenal di dunia.

Patung itu disebut David dan berdiri sebagai sosok yang lebih besar dari kehidupan yang tingginya 17 kaki. Michelangelo menciptakan patung marmer besar di masa mudanya bahkan sebelum ia mencapai usia tiga puluh.

Gambar telanjang David berdiri dengan perawakan kekar yang merupakan simbol kesehatan dan kesucian bagi penganut agama Katolik pada masa patung itu dibuat. Namun, ada makna yang lebih dalam yang diyakini oleh banyak kritikus dan cendekiawan yang diwakili oleh patung tersebut.

Patung David konon juga menjadi simbol kebebasan Republik Florence, yang diancam oleh keluarga Medici Roma yang berkuasa pada era ini. Patung itu berdiri di depan Palazzo Vecchio, yang pada dasarnya merupakan pusat pemerintahan di Florence pada tahun 1504.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)