10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:52 WIB
loading...
A A A

2. Kristus Penebus (Christ the Redeemer)

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Patung lain yang sangat terkenal dan menjadi simbol negara tempatnya berada adalah Patung Kristus Penebus. Patung tersebut berdiri di atas batu yang menghadap ke kota Rio de Janeiro yang ramai, Brasil.

Itu merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di kota ini karena menjadi landmark ibu kota, sekaligus simbol populer iman Katolik di negara tersebut.

Patung besar Yesus Kristus berdiri setinggi 28 meter, namun tingginya 30 meter termasuk alas tempat patung itu ditempatkan. Posisi patung membuatnya terlihat jauh lebih besar karena letaknya yang lebih tinggi.

Patung tersebut dirancang oleh Heitor da Silva Costa dan Carlos Oswald, keduanya merupakan penduduk asli Rio de Janeiro dan pematung Perancis Paul Landowski-lah yang menciptakan karya tersebut.

Patung ini adalah salah satu karya ikonik dalam sejarah karena lengan Kristus yang terulur mudah dikenali oleh siapa pun yang mengenalnya atau kota Rio de Janeiro.

Kota ini baru-baru ini memasang lampu warna-warni di bagian dasarnya yang digunakan untuk menerangi patung di malam hari dengan berbagai macam warna, seringkali warna hijau dan kuning yang digunakan pada bendera Brazil.

3. Venus de Milo

Salah satu patung paling ikonik di dunia, dan telah disalin berkali-kali sejak ditemukan, disebut Venus de Milo.

Patung Yunani ini hampir hilang dari sejarah sampai seorang petani menemukannya di sepanjang pulau Milos pada tahun 1820. Patung ini diyakini dibuat antara tahun 150 dan 100 SM.

Patung tersebut diyakini merupakan gambaran Aphrodite, namun ada banyak dewi Yunani yang mungkin diwakilinya. Tak lama setelah penemuannya, karya tersebut dibawa ke Prancis di bawah perintah Raja Louis XVIII yang memutuskan untuk memajang karya tersebut di Museum Louvre Paris.

Patung ini terkenal dengan kekurangannya dan juga desain awalnya. Lengan sosok perempuan tersebut sudah lama patah dan para ilmuwan mengetahui bahwa ia juga pernah dihiasi dengan mahkota, serta perhiasan di leher dan lengannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)