10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:52 WIB
loading...
10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi
The Great Spinx of Giza merupakan salah satu patung terkenal di dunia. Foto/artst.org
A A A
WASHINGTON - Patung telah lama menjadi sarana yang digunakan oleh berbagai budaya untuk memperingati tokoh agama, masyarakat, dan politik tertentu. Berbagai patung tersebar di seluruh dunia, mulai dari patung kepala Pulau Easter yang misterius hingga berbagai patung pemimpin Kekaisaran dan Soviet di St. Petersburg, Rusia.

Patung-patung dibuat dari hampir semua jenis batu atau bahan lain dan beberapa patung tertua di dunia masih berdiri hingga saat ini.

Membuat patung membutuhkan fokus dan perencanaan yang intens. Setiap potongan material yang dikeluarkan dari patung batu adalah sesuatu yang tidak dapat dibatalkan atau diperbaiki.

Satu pukulan yang salah dari palu dan pahat dapat mengakibatkan terlalu banyak batu yang tersingkir. Sepanjang sejarah, beberapa seniman telah unggul dalam menghasilkan patung-patung yang terkenal di dunia.

Berikut adalah 10 patung paling terkenal yang pernah dibuat.

1. Patung Liberty

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Melansir artst.org, salah satu patung paling terkenal di dunia berdiri sebagai simbol kebebasan dan kebebasan di kota pelabuhan paling populer di sepanjang pantai Amerika Serikat.

Patung Liberty di New York pertama kali diresmikan pada tahun 1886 dan ditempatkan di tempat yang sekarang dikenal sebagai Pulau Liberty di lepas pantai Kota New York.

Itu adalah patung yang dibangun oleh Perancis dan Amerika Serikat dan tujuan utamanya adalah sebagai simbol harapan bagi siapa pun yang memasuki Amerika Serikat dari tempat yang dulunya merupakan pusat imigrasi yang sangat populer.

Nama sebenarnya dari patung tersebut adalah Liberty Enlightening the World, namun sejak itu banyak disebut sebagai 'Patung Liberty'.

Tingginya mencapai 151 kaki dan 1 inci dan menghadap ke Samudera Atlantik di daerah di mana ribuan imigran memasuki negara ini dari Eropa dan belahan dunia lain pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Patung ini dirancang oleh pematung Perancis Frédéric Auguste Bartholdi dan bangunan sebenarnya didesain oleh Gustave Eiffel, yang terkenal karena membangun Menara Eiffel di Perancis. Lady Liberty terlihat berdiri di atas alas sambil memegang obor di satu tangan dan tablet di tangan lainnya.

2. Kristus Penebus (Christ the Redeemer)

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Patung lain yang sangat terkenal dan menjadi simbol negara tempatnya berada adalah Patung Kristus Penebus. Patung tersebut berdiri di atas batu yang menghadap ke kota Rio de Janeiro yang ramai, Brasil.

Itu merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di kota ini karena menjadi landmark ibu kota, sekaligus simbol populer iman Katolik di negara tersebut.

Patung besar Yesus Kristus berdiri setinggi 28 meter, namun tingginya 30 meter termasuk alas tempat patung itu ditempatkan. Posisi patung membuatnya terlihat jauh lebih besar karena letaknya yang lebih tinggi.

Patung tersebut dirancang oleh Heitor da Silva Costa dan Carlos Oswald, keduanya merupakan penduduk asli Rio de Janeiro dan pematung Perancis Paul Landowski-lah yang menciptakan karya tersebut.

Patung ini adalah salah satu karya ikonik dalam sejarah karena lengan Kristus yang terulur mudah dikenali oleh siapa pun yang mengenalnya atau kota Rio de Janeiro.

Kota ini baru-baru ini memasang lampu warna-warni di bagian dasarnya yang digunakan untuk menerangi patung di malam hari dengan berbagai macam warna, seringkali warna hijau dan kuning yang digunakan pada bendera Brazil.

3. Venus de Milo

Salah satu patung paling ikonik di dunia, dan telah disalin berkali-kali sejak ditemukan, disebut Venus de Milo.

Patung Yunani ini hampir hilang dari sejarah sampai seorang petani menemukannya di sepanjang pulau Milos pada tahun 1820. Patung ini diyakini dibuat antara tahun 150 dan 100 SM.

Patung tersebut diyakini merupakan gambaran Aphrodite, namun ada banyak dewi Yunani yang mungkin diwakilinya. Tak lama setelah penemuannya, karya tersebut dibawa ke Prancis di bawah perintah Raja Louis XVIII yang memutuskan untuk memajang karya tersebut di Museum Louvre Paris.

Patung ini terkenal dengan kekurangannya dan juga desain awalnya. Lengan sosok perempuan tersebut sudah lama patah dan para ilmuwan mengetahui bahwa ia juga pernah dihiasi dengan mahkota, serta perhiasan di leher dan lengannya.

4. Panggilan Tanah Air (The Motherland Calls)

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Rusia terkenal dengan beberapa patung paling menakjubkan di dunia. Salah satu karyanya dikenal dengan judul The Motherland Calls, yang terletak di puncak bukit bernama Mamayev Kurgan di luar Volograd, Rusia.

Patung ini pertama kali didirikan pada tahun 1967 sebagai simbol kebanggaan Soviet dan dinyatakan sebagai patung tertinggi di dunia pada saat itu.

Patung ini dipastikan menjadi patung tertinggi di Eropa karena tingginya mencapai 85 meter. Ini dirancang oleh pematung terkenal Rusia Yevgeny Vuchetich dan Nikolai Nikitin, seorang insinyur terkemuka dari periode tersebut.

Panggilan Ibu Pertiwi memiliki desain yang sangat unik ketika sang wanita berdiri sambil mengacungkan pedang panjang, memberi isyarat kepada rekan-rekannya untuk mengikutinya.

Struktur berongga awalnya dirancang dengan beton yang dipasang kembali dan sejak itu mengalami beberapa masalah karena penyebaran beban dari pedang dan tangan yang terulur. Pedang tersebut diganti pada tahun 1972 dengan versi yang lebih ringan yang terbuat dari baja tahan karat.

5. Kuil Buddha Musim Semi

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Salah satu patung terbesar dan tertinggi di dunia adalah Kuil Buddha Musim Semi China. Struktur ini terletak di kota kecil Zhaocun, yang terletak di kawasan indah di Wilayah Lushan, Henan.

Patung ini berdiri sebagai simbol agama paling dominan di kawasan ini, Buddha, dan sejak itu menjadi harta nasional bagi masyarakat Tiongkok dan penganut agama Budha.

Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1997 dan selesai pada tahun 2008. Patung ini berdiri setinggi 502 kaki dan merupakan patung tertinggi kedua di dunia setelah Patung Persatuan India.

Itu terbuat dari bahan cor tembaga yang tampak lebih seperti emas di bawah sinar matahari.

6. The Great Sphinx Of Giza

Salah satu patung terbesar di dunia juga merupakan salah satu misteri terbesarnya. The Great Sphinx Of Giza terletak di dekat dasar piramida legendaris kota kuno tersebut dan telah membingungkan para ilmuwan dan sejarawan selama berabad-abad.

Sebagian besar bangunan terkubur selama ratusan tahun hingga awal tahun 1800-an ketika para arkeolog menemukan tubuh mirip singa setelah menggali di sekitar apa yang mereka anggap sebagai dasar patung.

Tujuan keseluruhan dari Sphinx sebagian besar tidak diketahui dan usia sebenarnya juga masih menjadi misteri. Dengan kepala manusia dan tubuh singa, ini adalah salah satu karya paling menarik dari Mesir kuno yang masih bertahan.

Ahli geologi baru-baru ini menunjukkan bahwa pelapukan di sekitar dasar Sphinx menunjukkan bahwa Sphinx telah mengalami curah hujan selama ribuan tahun. Hal ini membuat asal muasalnya menjadi teka-teki karena wilayah di sekitar Giza telah menjadi gurun sepanjang sejarah yang tercatat.

7. Buddha Raksasa Leshan

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Buddha Raksasa Leshan adalah salah satu patung kuno terbesar dan tertua di dunia. Terletak di Sichuan, Cina, di sepanjang tepi perairan tempat bertemunya sungai Min dan Dadu.

Ukiran batu pasir besar-besaran dimulai pada awal tahun 700 M ketika seorang biksu Buddha bernama Hai Tong.

Tujuan awal dari Buddha Raksasa Leshan adalah persembahan perdamaian yang dimaksudkan untuk memadamkan air yang sering bergejolak di kedua sungai, yang memakan banyak kapal dan nyawa selama periode ini.

Tingginya 233 kaki dan diukir di tebing batu pasir yang menghadap ke perairan.

8. Moai

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Patung-patung raksasa yang tersebar di sekitar Pulau Easter adalah beberapa karya paling menarik dari dunia kuno. Banyak arkeolog dan ilmuwan yang bingung bagaimana orang Rapa Nui yang pernah mendiami pulau Polinesia bagian timur bisa menciptakannya.

Banyak misteri juga menyelimuti bagaimana mereka bisa memindahkan pahatan batu yang sangat berat itu.

Patung-patung tersebut dibuat antara tahun 1200 dan 1500 M dan tujuan pastinya tidak diketahui. Struktur ini disebut sebagai Moai, yang diterjemahkan menjadi ‘patung’ dalam bahasa asli masyarakat Rapa Nui.

Banyak dari patung-patung tersebut dipugar pada tahun 1990-an oleh para arkeolog dan beberapa masih tergeletak di dalam tanah karena mesin modern seringkali tidak mampu memindahkannya.

9. Tian Tan Budha

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Tian Tan Buddha adalah bangunan besar yang mendominasi lanskap di Ngong Ping, Pulau Lantau, di Hong Kong. Patung besar ini terletak di dekat Biara Po Lin dan merupakan simbol kepercayaan Buddha yang sering disebut sebagai Big Buddha.

Selesai dibangun pada tahun 1993 dan merupakan kombinasi lebih dari 200 keping perunggu yang disatukan untuk membentuk patung.

Tian Tan Buddha berdiri setinggi 112 kaki dan terletak di atas bukit dengan beberapa lantai dan ruangan di bawah bangunannya.

Ruangan di bawah patung raksasa itu menampung lonceng besar, serta diyakini sebagai sisa-sisa Buddha Gautama, yang merupakan tokoh paling dihormati dalam kepercayaan Buddha.

10.David – Michelangelo

Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni, umumnya dikenal sebagai Michelangelo, adalah salah satu tokoh paling terkenal dari era Renaisans Italia. Ia adalah seorang pelukis yang produktif, namun lebih dikenal karena bakatnya sebagai pematung pada abad ke-15 dan ke-16.

Banyak karyanya ditampilkan di katedral dan museum di sekitar rumahnya di Florence, Italia, tetapi satu patung khususnya adalah salah satu patung paling terkenal di dunia.

Patung itu disebut David dan berdiri sebagai sosok yang lebih besar dari kehidupan yang tingginya 17 kaki. Michelangelo menciptakan patung marmer besar di masa mudanya bahkan sebelum ia mencapai usia tiga puluh.

Gambar telanjang David berdiri dengan perawakan kekar yang merupakan simbol kesehatan dan kesucian bagi penganut agama Katolik pada masa patung itu dibuat. Namun, ada makna yang lebih dalam yang diyakini oleh banyak kritikus dan cendekiawan yang diwakili oleh patung tersebut.

Patung David konon juga menjadi simbol kebebasan Republik Florence, yang diancam oleh keluarga Medici Roma yang berkuasa pada era ini. Patung itu berdiri di depan Palazzo Vecchio, yang pada dasarnya merupakan pusat pemerintahan di Florence pada tahun 1504.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)