10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Rabu, 30 Agustus 2023 - 16:52 WIB
loading...
A A A
Sebagian besar bangunan terkubur selama ratusan tahun hingga awal tahun 1800-an ketika para arkeolog menemukan tubuh mirip singa setelah menggali di sekitar apa yang mereka anggap sebagai dasar patung.

Tujuan keseluruhan dari Sphinx sebagian besar tidak diketahui dan usia sebenarnya juga masih menjadi misteri. Dengan kepala manusia dan tubuh singa, ini adalah salah satu karya paling menarik dari Mesir kuno yang masih bertahan.

Ahli geologi baru-baru ini menunjukkan bahwa pelapukan di sekitar dasar Sphinx menunjukkan bahwa Sphinx telah mengalami curah hujan selama ribuan tahun. Hal ini membuat asal muasalnya menjadi teka-teki karena wilayah di sekitar Giza telah menjadi gurun sepanjang sejarah yang tercatat.

7. Buddha Raksasa Leshan

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Buddha Raksasa Leshan adalah salah satu patung kuno terbesar dan tertua di dunia. Terletak di Sichuan, Cina, di sepanjang tepi perairan tempat bertemunya sungai Min dan Dadu.

Ukiran batu pasir besar-besaran dimulai pada awal tahun 700 M ketika seorang biksu Buddha bernama Hai Tong.

Tujuan awal dari Buddha Raksasa Leshan adalah persembahan perdamaian yang dimaksudkan untuk memadamkan air yang sering bergejolak di kedua sungai, yang memakan banyak kapal dan nyawa selama periode ini.

Tingginya 233 kaki dan diukir di tebing batu pasir yang menghadap ke perairan.

8. Moai

10 Patung Paling Terkenal di Dunia, Mayoritas Memiliki Nilai Sejarah yang Tinggi

Foto/artst.org

Patung-patung raksasa yang tersebar di sekitar Pulau Easter adalah beberapa karya paling menarik dari dunia kuno. Banyak arkeolog dan ilmuwan yang bingung bagaimana orang Rapa Nui yang pernah mendiami pulau Polinesia bagian timur bisa menciptakannya.

Banyak misteri juga menyelimuti bagaimana mereka bisa memindahkan pahatan batu yang sangat berat itu.

Patung-patung tersebut dibuat antara tahun 1200 dan 1500 M dan tujuan pastinya tidak diketahui. Struktur ini disebut sebagai Moai, yang diterjemahkan menjadi ‘patung’ dalam bahasa asli masyarakat Rapa Nui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1038 seconds (0.1#10.140)