5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:47 WIB
loading...
A A A
Para pejabat Ukraina menunjuk pada kerahasiaan seputar upacara tersebut, yang menunjukkan bahwa Kremlin khawatir akan kemungkinan terjadinya protes.

“Pemakaman rahasia mantan pemimpin Wagner Prigozhin adalah simbol mutlak dari ketakutan nyata Putin,” tulis Mykhailo Podolyak, penasihat politik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di aplikasi pesan Telegram.

Pemakaman tersebut tampaknya menutup babak luar biasa dalam sejarah Rusia baru-baru ini, di mana Prigozhin membantu memimpin serangan Moskow ke kota-kota di Ukraina timur dan menantang kepemimpinan Moskow.


4. Mengganggu Isu Politik 2024

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Banyak analis militer mengatakan bahwa jatuhnya pesawat Prigozhin tampaknya disengaja, dan beberapa analis berpendapat bahwa pesawat tersebut mungkin terlempar dari angkasa karena sebuah rudal dan yang lainnya menunjukkan kemungkinan adanya bom.

Kremlin telah menolak anggapan bahwa pihaknya mengatur kecelakaan itu sebagai balas dendam atas demonstrasi Wagner di Moskow pada bulan Juni.

Namun para komentator politik mengatakan, dengan semakin dekatnya pemilihan presiden di Rusia tahun depan, Prigozhin telah menjadi beban besar bagi Kremlin.

Para pejabat Rusia membuka penyelidikan terhadap pelanggaran lalu lintas udara setelah kecelakaan itu tetapi belum mengungkapkan rincian tentang kemungkinan penyebabnya.

5. Bukan Pahlawan, Tapi Pengkhianat

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Sebelumnya hari ini diumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri "
"upacara pemakaman". Dengan pernyataan dari juru bicaranya yang berbunyi: 'Kehadiran presiden di pemakaman tidak dimaksudkan. Kami tidak memiliki informasi apa pun mengenai pemakaman secara spesifik, keputusan dibuat oleh keluarga, dan kami tidak dapat mewakili mereka.’

Namun, sumber-sumber di Ukraina berpendapat bahwa keseluruhan gagasan tentang pemakaman tersebut tidak lebih dari sekedar ‘pertunjukan’ untuk mengalihkan perhatian masyarakat, dengan alasan adanya beberapa ketidakkonsistenan dengan upacara yang seharusnya dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)