5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:47 WIB
loading...
5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup
Pemakaman bos Wagner Yevgeny Prigozhin dilaksanakan secara rahasia dan tertutup. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Pemakaman Yevgeny Prigozhin diadakan di Pemakaman Utara St. Petersburgm Rusia bersama dengan kepala logistik Wagner, Valery Chekalov, yang termasuk di antara 10 orang yang tewas dalam kecelakaan itu. Pemakaman itu digelar secara rahasia dan tertutup dengan penjagaan militer Rusia yang sangat ketat.

Penilaian awal intelijen AS menyimpulkan bahwa ledakan yang disengaja menyebabkan pesawat yang ditumpangi Prigozhin tersebut jatuh. Para pejabat Barat telah menyebutkan daftar panjang musuh Putin yang telah dibunuh. Kremlin menolak tuduhan Barat bahwa presiden berada di balik kecelakaan itu dan menyebutnya sebagai “kebohongan mutlak”.

Kecelakaan pesawat terjadi tepat dua bulan setelah bos tentara bayaran yang brutal dan tidak senonoh itu melancarkan pemberontakan melawan kepemimpinan militer Rusia. Prigozhin memerintahkan tentara bayarannya untuk mengambil alih markas militer di kota selatan Rostov-on-Don dan kemudian memulai serangan ke Moskow.

Berikut adalah 5 alasan pemakaman bos Wagner dilaksanakan secara tertutup.

1. Prigozhin Adalah Sosok Legendaris

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Hal yang ditakutkan dari sosok Prigozhin adalah dia merupakan sosok yang legendaris. Dia menginspirasi banyak warga Rusia. Itulah yang ingin digindari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Sergei Markov, seorang analis politik pro-Kremlin, mencatat bahwa Prigozhin telah menjadi sosok legendaris bagi para pendukungnya yang semakin kritis terhadap pihak berwenang.

“Pemakaman Prigozhin menimbulkan masalah komunikasi antara sistem pemerintahan Rusia yang birokratis yang tidak memiliki banyak potensi politik dan segmen patriotik yang aktif secara politik dari masyarakat Rusia,” kata Markov, dilansir Military Times.


2. Tidak Boleh Ada Manuver Tambahan

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Pemakaman merupakan manuver terakhir. Putin tidak menginginkan adanya manuver tambahan.

"Dinas rahasia menjadi tahap akhir dari operasi khusus untuk melenyapkannya,” kata Tatiana Stanovaya, peneliti senior di Carnegie Russia Eurasia Center.

“Semuanya dilakukan semaksimal mungkin, di bawah kendali penuh aparat keamanan, dengan manuver yang mengganggu,” katanya dalam komentar di saluran Telegramnya.

3. Khawatir Adanya Demonstrasi Melawan Putin

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Para pejabat Ukraina menunjuk pada kerahasiaan seputar upacara tersebut, yang menunjukkan bahwa Kremlin khawatir akan kemungkinan terjadinya protes.

“Pemakaman rahasia mantan pemimpin Wagner Prigozhin adalah simbol mutlak dari ketakutan nyata Putin,” tulis Mykhailo Podolyak, penasihat politik Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, di aplikasi pesan Telegram.

Pemakaman tersebut tampaknya menutup babak luar biasa dalam sejarah Rusia baru-baru ini, di mana Prigozhin membantu memimpin serangan Moskow ke kota-kota di Ukraina timur dan menantang kepemimpinan Moskow.


4. Mengganggu Isu Politik 2024

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Banyak analis militer mengatakan bahwa jatuhnya pesawat Prigozhin tampaknya disengaja, dan beberapa analis berpendapat bahwa pesawat tersebut mungkin terlempar dari angkasa karena sebuah rudal dan yang lainnya menunjukkan kemungkinan adanya bom.

Kremlin telah menolak anggapan bahwa pihaknya mengatur kecelakaan itu sebagai balas dendam atas demonstrasi Wagner di Moskow pada bulan Juni.

Namun para komentator politik mengatakan, dengan semakin dekatnya pemilihan presiden di Rusia tahun depan, Prigozhin telah menjadi beban besar bagi Kremlin.

Para pejabat Rusia membuka penyelidikan terhadap pelanggaran lalu lintas udara setelah kecelakaan itu tetapi belum mengungkapkan rincian tentang kemungkinan penyebabnya.

5. Bukan Pahlawan, Tapi Pengkhianat

5 Alasan Pemakaman Yevgeny Prigozhin Digelar Rahasia dan Tertutup

Foto/Reuters

Sebelumnya hari ini diumumkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan menghadiri "
"upacara pemakaman". Dengan pernyataan dari juru bicaranya yang berbunyi: 'Kehadiran presiden di pemakaman tidak dimaksudkan. Kami tidak memiliki informasi apa pun mengenai pemakaman secara spesifik, keputusan dibuat oleh keluarga, dan kami tidak dapat mewakili mereka.’

Namun, sumber-sumber di Ukraina berpendapat bahwa keseluruhan gagasan tentang pemakaman tersebut tidak lebih dari sekedar ‘pertunjukan’ untuk mengalihkan perhatian masyarakat, dengan alasan adanya beberapa ketidakkonsistenan dengan upacara yang seharusnya dilakukan.

Anton Gerashchenko, penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina, men-tweet: “Proses pemakaman di St. Petersburg ternyata hanya sebuah pertunjukan. Mayatnya tidak ada di sana. Itu adalah tindakan yang mengganggu.”

Informasi tentang penguburan pemimpin Wagner PMC dan komandannya didasarkan pada asumsi, dengan 6 dari 7 tentara bayaran yang tewas dalam kecelakaan pesawat akan dimakamkan di pemakaman Serafimovskoe.

Namun, Gerashchenko melaporkan bahwa: 'meskipun pintu masuk pusat ke pemakaman Serafimovskoe, tempat pemakaman para pemimpin PMC Wagner mungkin berlangsung, diblokir dan detektor logam dipasang di pintu masuk, tidak ada kuburan yang baru digali dan tanda-tanda persiapan pemakaman.

“Para penggali dan pegawai pemakaman sedang menunggu instruksi lebih lanjut di pemakaman Serafimovskoe dan pemakaman Smolenoye. Yang terakhir ini tidak jauh dari Manezh, tempat di mana upacara pemakaman yang konon dilakukan untuk Prigozhin dilakukan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1515 seconds (0.1#10.140)