Seberapa Bergunakah F-16 dalam Membantu Ukraina? 5 Peluang yang Tak Boleh Diabaikan

Selasa, 29 Agustus 2023 - 13:08 WIB
loading...
Seberapa Bergunakah F-16 dalam Membantu Ukraina? 5 Peluang yang Tak Boleh Diabaikan
Jet tempur F-16 akan menjadi penentu dalam perang Ukraina-Rusia. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina semakin mencari pengganti jet tempurnya karena Rusia terus mendominasi udara dalam perang yang telah berlangsung selama 18 bulan antara kedua negara. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah secara intens melobi militer Barat untuk membeli pesawat generasi keempat seperti F-16 yang sudah mulai diproduksi.

Setelah perang selama 18 bulan, angkatan udara Ukraina sangat membutuhkan pesawat pengganti karena kerugian meningkat dan angkatan udara Rusia semakin menguasai langit di atas Ukraina.

Berikut 5 peluang yang dimanfaatkan Ukraina dari pasokan jet tempur F-16 dari NATO.

1. Memangaatkan Kelebihan Jet Tempur F-16

Seberapa Bergunakah F-16 dalam Membantu Ukraina? 5 Peluang yang Tak Boleh Diabaikan

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, diperkenalkan pada tahun 1978, F-16 memiliki catatan layanan yang baik dan variannya telah ditingkatkan secara berkala dengan avionik, radar, dan senjata yang lebih baik.

Jet ini mampu melakukan banyak fungsi termasuk serangan darat, peperangan elektronik, dukungan udara jarak dekat, dan dominasi udara.

Telah terbukti berkali-kali sebagai jet tempur yang sangat mumpuni: Sangat bermanuver, dapat beroperasi di segala cuaca, siang atau malam.

Kemampuan beradaptasi F-16 berarti dapat dengan cepat ditugaskan untuk berbagai misi berbeda, dan dengan mudah dapat menjalankan peran barunya. Fleksibilitas inilah yang menjadikannya andalan banyak angkatan udara dunia.


2. Menutupi Kelemahan F-16

Seberapa Bergunakah F-16 dalam Membantu Ukraina? 5 Peluang yang Tak Boleh Diabaikan

Foto/Reuters

Meskipun ada banyak kelebihan pada F-16, ada juga kelemahan yang signifikan.

Pesawat canggih Rusia seperti Sukhoi Su-35 memiliki radar yang lebih baik dan rudal jarak jauh. Secara teori, mereka akan dapat mendeteksi F-16 dan menghancurkannya bahkan sebelum pilot menyadari bahwa jet Rusia itu ada di sana.

Seperti semua pesawat yang kompleks, F-16 memerlukan perawatan rutin dan tidak dapat beroperasi dari landasan pacu yang telah diimprovisasi seperti jalan raya. Hal ini dianggap semakin berguna oleh angkatan udara Ukraina untuk pesawat mereka yang masih bertahan karena Rusia menargetkan lapangan udara Ukraina sehingga banyak pesawat yang tidak bisa beraksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)