Bela Filipina, Militer AS Janji Lawan Perilaku Agresif China

Senin, 28 Agustus 2023 - 07:49 WIB
loading...
A A A
Dia menambahkan, “Tidak ada contoh perilaku agresif yang lebih baik daripada aktivitas pada tanggal 5 Agustus di perairan dangkal tersebut.”

Thomas telah mengadakan pembicaraan dengan Wakil Laksamana Alberto Carlos, yang memimpin Komando Barat Filipina yang mengawasi kepentingan Manila di Laut China Selatan.

“Kami tentu saja berbagi tantangan,” kata komandan AS tersebut.

“Jadi, saya ingin lebih memahami cara dia memandang operasi yang menjadi tanggung jawabnya, dan saya ingin memastikan bahwa dia memahami apa yang saya miliki.”

Armada Ketujuh AS, yang berbasis di Jepang, mencakup wilayah operasi seluas lebih dari 124 juta kilometer persegi di Pasifik Barat, dari Garis Tanggal Internasional hingga perbatasan India-Pakistan.

AS memiliki sekitar 60 kapal permukaan dan kapal selam, serta 140 pesawat dan sekitar 20.000 pelaut. Zona operasionalnya mencakup setengah populasi dunia dan lima kekuatan militer terbesar di luar AS, termasuk Rusia dan China.

Ketegangan antara Manila dan Beijing meningkat sejak Ferdinand Marcos Jr menjabat sebagai presiden Filipina tahun lalu. Marcos telah menjalin hubungan pertahanan yang lebih erat dengan Amerika Serikat dan menegaskan klaim teritorial negaranya di Laut China Selatan.

Misalnya, Filipina memasang pelampung navigasi di sekitar Kepulauan Spratly pada bulan Mei, mempertaruhkan klaimnya atas wilayah yang diklaim kedaulatannya oleh Beijing.

Para pejabat China telah memperingatkan bahwa memperkuat kerja sama militer dengan AS akan mengikat Filipina “ke dalam kereta perang geopolitik", dan membahayakan keamanan negara tersebut.

Beijing dan Washington telah berulang kali saling menuduh melakukan provokasi militer di Laut China Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1076 seconds (0.1#10.140)