5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
A A A
“Tidak seperti tahun 2018, ketika [presiden] memiliki keuntungan sebagai pahlawan kudeta November 2017 dan perasaan umum memberinya kesempatan, kali ini dia telah menunjukkan bahwa… dia tidak memiliki rencana untuk membuat segalanya menjadi lebih baik seperti yang ditunjukkan. oleh kegagalannya untuk menulis manifesto,” kata Bekezela Gumbo, peneliti utama lembaga pemikir Institut Demokrasi Zimbabwe yang berbasis di Harare, kepada Al Jazeera.

Tapi Eldred Masunungure, direktur Mass Public Opinion Institute (MPOI) dan dosen tata kelola dan manajemen publik di Universitas Zimbabwe, tidak setuju.

“Perekonomian telah dalam keadaan koma [tetapi] … ZANU-PF [Persatuan Nasional Afrika Zimbabwe–Front Patriotik, partai Mnangagwa] memiliki pendukung yang akan menaatinya. Merupakan misteri mengapa warga Zimbabwe memilih ZANU-PF padahal partai tersebut adalah penyebab kesengsaraan mereka. Ini adalah teka-teki yang membutuhkan penyelidikan sendiri.”

Manifesto Chamisa telah menjanjikan “stabilitas ekonomi makro yang ditandai dengan inflasi satu digit dan nilai tukar yang stabil”, ekonomi USD100 miliar dan penciptaan 2,5 juta pekerjaan dalam lima tahun.


2. Stabilitas Kawasan

5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Foto/Reuters

Zimbabwe telah mengalami ketidakstabilan politik yang signifikan selama beberapa dekade terakhir, dengan kekerasan, korupsi, dan otoritarianisme menjadi tema yang berulang.

Perekonomian negara yang berkinerja buruk telah menyebabkan ribuan warga Zimbabwe membanjiri negara tetangga Afrika Selatan, Botswana, Zambia, dan Mozambik untuk mendapatkan peluang yang lebih baik. Diperkirakan dua juta warga Zimbabwe berada di Afrika Selatan, dan itu sebagian telah menyebabkan bentrokan antara pemukim dan penduduk setempat di saat meningkatnya xenofobia di sana.

Piers Pigou, konsultan senior International Crisis Group untuk Afrika Selatan, melihat status quo terus berlanjut.

“Memang, hal-hal dapat memburuk di bagian depan ini, dan terlepas dari sentimen anti-asing yang dipersenjatai di Afrika Selatan dan Botswana, kemungkinan lebih banyak orang Zimbabwe akan pergi ke selatan,” katanya kepada Al Jazeera. “Pilihan untuk warga Zimbabwe terbatas, dan lintasan ekonomi saat ini tidak mungkin untuk mengurangi keadaan seperti itu bagi mayoritas.”

“Ini tidak mungkin berdampak besar pada stabilitas, tetapi justru akan memicu ketegangan yang sudah ada sebelumnya.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)