5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe
Politik Zimbabwe berlangsung dinamis. Foto/Reuters
A A A
HARARE - Menjelang pemilu yang digelar pada 23 Agustus 2023, berbagai masalah dipertaruhkan termasuk kesengsaraan ekonomi jangka panjang Zimbabwe .

Enam juta pemilih Zimbabwe yang terdaftar akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden negara itu.

Sementara sebagian besar fokus pada pertarungan presiden yang berisiko tinggi, di seluruh 10 provinsi di negara Afrika Selatan itu, para pemilih juga akan memberikan suara untuk perwakilan pemerintah daerah dan perwakilan parlemen.

Presiden petahana Emmerson Mnangagwa sedang mencari masa jabatan lima tahun kedua dan terakhir sebagai kepala negara sesuai dengan konstitusi negara.

Saingan utama Mnangagwa adalah Nelson Chamisa, pemimpin oposisi berusia 45 tahun, yang mengatakan dia memiliki hal-hal berikut yang menyebabkan kekecewaan.

Berikut adalah 5 alasan mengapa pemilihan ini begitu panas diperebutkan.

1. Ekonomi

5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Foto/Reuters

Dengan tingkat pengangguran yang tinggi, mata uang lokal yang dengan cepat kehilangan nilainya terhadap dolar Amerika Serikat, dan hiperinflasi yang menggerus daya beli, perekonomian akan menjadi penentu utama dalam pemilu tahun ini.

Separuh penduduk hidup dalam kemiskinan ekstrem. Selain itu, dolar Zimbabwe diperdagangkan pada USD1 hingga USD6.800, sementara inflasi Juni tahunan mencapai 175,8 persen.

Selain itu, efek pandemi COVID-19 dan invasi Rusia ke Ukraina yang berkepanjangan telah menyebabkan lonjakan harga bahan makanan. Petani tanaman utama seperti jagung mengalami gangguan pada jalur suplai komoditas seperti gandum dan pupuk.

Dengan demikian, keadaan ekonomi akan menjadi perhatian utama para pemilih dalam pemilihan ini.

Di bawah pengawasan Mnangagwa, ekonomi telah menyusut, dan analis terbagi tentang apa artinya ini bagi upaya pemilihan ulangnya.

“Tidak seperti tahun 2018, ketika [presiden] memiliki keuntungan sebagai pahlawan kudeta November 2017 dan perasaan umum memberinya kesempatan, kali ini dia telah menunjukkan bahwa… dia tidak memiliki rencana untuk membuat segalanya menjadi lebih baik seperti yang ditunjukkan. oleh kegagalannya untuk menulis manifesto,” kata Bekezela Gumbo, peneliti utama lembaga pemikir Institut Demokrasi Zimbabwe yang berbasis di Harare, kepada Al Jazeera.

Tapi Eldred Masunungure, direktur Mass Public Opinion Institute (MPOI) dan dosen tata kelola dan manajemen publik di Universitas Zimbabwe, tidak setuju.

“Perekonomian telah dalam keadaan koma [tetapi] … ZANU-PF [Persatuan Nasional Afrika Zimbabwe–Front Patriotik, partai Mnangagwa] memiliki pendukung yang akan menaatinya. Merupakan misteri mengapa warga Zimbabwe memilih ZANU-PF padahal partai tersebut adalah penyebab kesengsaraan mereka. Ini adalah teka-teki yang membutuhkan penyelidikan sendiri.”

Manifesto Chamisa telah menjanjikan “stabilitas ekonomi makro yang ditandai dengan inflasi satu digit dan nilai tukar yang stabil”, ekonomi USD100 miliar dan penciptaan 2,5 juta pekerjaan dalam lima tahun.


2. Stabilitas Kawasan

5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Foto/Reuters

Zimbabwe telah mengalami ketidakstabilan politik yang signifikan selama beberapa dekade terakhir, dengan kekerasan, korupsi, dan otoritarianisme menjadi tema yang berulang.

Perekonomian negara yang berkinerja buruk telah menyebabkan ribuan warga Zimbabwe membanjiri negara tetangga Afrika Selatan, Botswana, Zambia, dan Mozambik untuk mendapatkan peluang yang lebih baik. Diperkirakan dua juta warga Zimbabwe berada di Afrika Selatan, dan itu sebagian telah menyebabkan bentrokan antara pemukim dan penduduk setempat di saat meningkatnya xenofobia di sana.

Piers Pigou, konsultan senior International Crisis Group untuk Afrika Selatan, melihat status quo terus berlanjut.

“Memang, hal-hal dapat memburuk di bagian depan ini, dan terlepas dari sentimen anti-asing yang dipersenjatai di Afrika Selatan dan Botswana, kemungkinan lebih banyak orang Zimbabwe akan pergi ke selatan,” katanya kepada Al Jazeera. “Pilihan untuk warga Zimbabwe terbatas, dan lintasan ekonomi saat ini tidak mungkin untuk mengurangi keadaan seperti itu bagi mayoritas.”

“Ini tidak mungkin berdampak besar pada stabilitas, tetapi justru akan memicu ketegangan yang sudah ada sebelumnya.”


3. Transparansi dan Integritas

Pemilu Zimbabwe sejak 2002 telah dirusak oleh kekerasan pemilu besar-besaran yang telah menewaskan lebih dari 500 orang. Pada tahun 2008, lebih dari 200 pendukung oposisi tewas.

Enam orang tewas pada Agustus 2018 ketika pengunjuk rasa menuntut pengumuman hasil pemilu di tengah kekhawatiran bahwa mereka akan dicurangi untuk mendukung partai yang berkuasa, yang telah berkuasa sejak kemerdekaan pada 1980.

Di Zimbabwe, setiap pemilu selalu disengketakan sejak tahun 2002. Selama beberapa dekade, para aktivis menyerukan reformasi untuk meningkatkan kemandirian dan efektivitas lembaga negara, serta transparansi proses pemilu.

Sebuah survei Afrobarometer di Zimbabwe menunjukkan bahwa hanya 47 persen warga Zimbabwe mempercayai Komisi Pemilihan Zimbabwe (ZEC) untuk melakukan pemilihan yang kredibel pada tahun 2023. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa kepercayaan terhadap ZEC pada umumnya lemah di antara warga Zimbabwe, dan hanya sebagian kecil warga yang mempertimbangkannya. Pemilu 2018 berlangsung bebas dan adil.

“Keadaan ini menunjukkan bahwa yang terbaik kita dapat mengharapkan kelanjutan dari status quo, represi selektif dan teater reformasi,” kata Pigou. “Menurut saya pemilu tidak akan menyelesaikan apa pun. Pemain eksternal hanya akan terlibat jika ada kekerasan yang meluas.

4. Layanan Sosial

Bagi sebagian besar warga Zimbabwe, akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan layanan dasar yang berkualitas tidak ada. Rumah sakit umum tidak dilengkapi dengan baik dan mungkin tidak memiliki persediaan dan obat-obatan penting.

Mnangagwa, yang menyalahkan negara atas sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat karena dampak dari reformasi pertanahan yang kontroversial pada awal tahun 2000-an, mengatakan pemerintahnya telah membuat kemajuan dalam pembangunan infrastruktur dan pembangkit listrik dan telah menumbuhkan ekonomi pertambangan dari USD3 miliar. pada tahun 2018 dengan harapan menghasilkan pendapatan USD12 miliar pada akhir tahun 2023.

5. Korupsi

5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Foto/Reuters

Korupsi telah menjadi masalah lama di Zimbabwe dan telah mengikis kepercayaan publik terhadap pemerintah. Baru tahun ini, serial dokumenter empat bagian oleh Al Jazeera memicu kemarahan di negara tersebut.

Serial ini mengungkap berapa banyak emas yang diselundupkan secara sembunyi-sembunyi setiap bulan dari Zimbabwe, produsen emas terbesar keenam di Afrika, ke Uni Emirat Arab, membantu pencucian uang melalui jaringan rumit perusahaan cangkang, faktur palsu, dan pejabat yang dibayar.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1937 seconds (0.1#10.140)