5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Senin, 21 Agustus 2023 - 09:23 WIB
loading...
A A A

3. Transparansi dan Integritas

Pemilu Zimbabwe sejak 2002 telah dirusak oleh kekerasan pemilu besar-besaran yang telah menewaskan lebih dari 500 orang. Pada tahun 2008, lebih dari 200 pendukung oposisi tewas.

Enam orang tewas pada Agustus 2018 ketika pengunjuk rasa menuntut pengumuman hasil pemilu di tengah kekhawatiran bahwa mereka akan dicurangi untuk mendukung partai yang berkuasa, yang telah berkuasa sejak kemerdekaan pada 1980.

Di Zimbabwe, setiap pemilu selalu disengketakan sejak tahun 2002. Selama beberapa dekade, para aktivis menyerukan reformasi untuk meningkatkan kemandirian dan efektivitas lembaga negara, serta transparansi proses pemilu.

Sebuah survei Afrobarometer di Zimbabwe menunjukkan bahwa hanya 47 persen warga Zimbabwe mempercayai Komisi Pemilihan Zimbabwe (ZEC) untuk melakukan pemilihan yang kredibel pada tahun 2023. Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa kepercayaan terhadap ZEC pada umumnya lemah di antara warga Zimbabwe, dan hanya sebagian kecil warga yang mempertimbangkannya. Pemilu 2018 berlangsung bebas dan adil.

“Keadaan ini menunjukkan bahwa yang terbaik kita dapat mengharapkan kelanjutan dari status quo, represi selektif dan teater reformasi,” kata Pigou. “Menurut saya pemilu tidak akan menyelesaikan apa pun. Pemain eksternal hanya akan terlibat jika ada kekerasan yang meluas.

4. Layanan Sosial

Bagi sebagian besar warga Zimbabwe, akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan layanan dasar yang berkualitas tidak ada. Rumah sakit umum tidak dilengkapi dengan baik dan mungkin tidak memiliki persediaan dan obat-obatan penting.

Mnangagwa, yang menyalahkan negara atas sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat karena dampak dari reformasi pertanahan yang kontroversial pada awal tahun 2000-an, mengatakan pemerintahnya telah membuat kemajuan dalam pembangunan infrastruktur dan pembangkit listrik dan telah menumbuhkan ekonomi pertambangan dari USD3 miliar. pada tahun 2018 dengan harapan menghasilkan pendapatan USD12 miliar pada akhir tahun 2023.

5. Korupsi

5 Masalah Utama yang Dipertaruhkan dalam Pemilu Zimbabwe

Foto/Reuters

Korupsi telah menjadi masalah lama di Zimbabwe dan telah mengikis kepercayaan publik terhadap pemerintah. Baru tahun ini, serial dokumenter empat bagian oleh Al Jazeera memicu kemarahan di negara tersebut.

Serial ini mengungkap berapa banyak emas yang diselundupkan secara sembunyi-sembunyi setiap bulan dari Zimbabwe, produsen emas terbesar keenam di Afrika, ke Uni Emirat Arab, membantu pencucian uang melalui jaringan rumit perusahaan cangkang, faktur palsu, dan pejabat yang dibayar.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1226 seconds (0.1#10.140)