7 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 22:38 WIB
loading...
A A A
Meski demikian, Thailand merayakan Hari Nasional pada tanggal 5 Desember.

4. Kanada


Kanada merayakan hari Kanada dan bukan Hari Kemerdekaan pada 1 Juli. Pada 1 Juli 1867, British North America Act (BNA) secara resmi mendirikan Dominion of Canada sebagai entitas pemerintahan sendiri.

Tindakan itu berarti Kanada tidak lagi menjadi bagian dari Kerajaan Inggris.


5. Prancis


Revolusi Prancis adalah upaya untuk memperoleh kemerdekaan dari penindas monarki dan bukan negara asing. Negara ini tidak pernah dijajah sejak awal sehingga tidak memiliki Hari Kemerdekaan.

6. Rusia


Rusia dulunya adalah Uni Soviet atau USSR, negara lintas benua yang terbentang sebagian besar Eurasia dari tahun 1922 hingga 1991. Setelah pembubarannya, Rusia menjadi sebuah negara yang tidak pernah dijajah negara lain sehingga tidak memiliki Hari Kemerdekaan.

Meski demikian, ada Hari Rusia yang dirayakan setiap 12 Juni. Sejarahnya, pada 12 Juni 1990, Kongres Pertama Deputi Rakyat Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia (RSFSR, bagian dari Uni Soviet) mengadopsi Deklarasi Kedaulatan Negara RSFSR.

7. China

China dulunya diperintah oleh kaisar dan tetap tak tersentuh oleh invasi kolonial hingga sekarang. China sekarang diperintah oleh presiden dan tidak memiliki Hari Kemerdekaan. Kendati demikian, China memiliki Hari Nasional 1 Oktober.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)