7 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan, Salah Satunya Tetangga Indonesia

Rabu, 16 Agustus 2023 - 22:38 WIB
loading...
7 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan, Salah Satunya Tetangga Indonesia
Dokumentasi upacara Hari Kemerdekaan Indonesia. Ada tujuh negara yang tidak memiliki Hari Kemerdekaan, salah satunya tetangga Indonesia. Foto/SINDOphoto
A A A
JAKARTA - Republik Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan pada Kamis (17/8/2023). Ketika masyarakat merayakan hari tersebut dengan semangat tinggi, ada beberapa negara yang tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan karena memang tidak memiliki hari tersebut.

Alasan sejumlah negara tidak memiliki Hari Kemerdekaan cukup sepele, yakni tidak pernah memproklamirkan kemerdakaan karena memang tidak pernah dijajah atau di bawah invasi negara lain.



7 Negara yang Tidak Memiliki Hari Kemerdekaan

1. Nepal


Tidak seperti banyak negara lain, Nepal tidak memiliki hari kemerdekaan karena fakta bahwa negara ini tidak pernah di bawah invasi asing. Ini adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak pernah dijajah oleh bangsa asing, meskipun secara geografis kecil.

Nepal selalu menjadi negara berdaulat dan telah berfungsi sebagai negara penyangga antara China dan India.

2. Denmark


Denmark, sebagai sebuah bangsa negara, tidak pernah diduduki atau dijajah oleh negara lain sehingga tidak memiliki hari kemerdekaan.

Namun, mereka merayakan Hari Konstitusi pada 5 Juni, yang menandai hari ketika konstitusi mereka mulai berkuasa. Sejarah mencatat bahwa Viking yang kaya di negara itu tidak pernah menghadapi ancaman asing. Meskipun demikian banyak perebutan kekuasaan di Denmark.

3. Thailand


Thailand tetap menjadi kerajaan bebas dan merdeka selama abad ke-19 ketika sebagian besar negara Asia Tenggara dijajah oleh kekuatan kekaisaran asing.

Sampai hari ini, negara tetangga Indonesia ini belum pernah diinvasi atau telah berjuang untuk kebebasan dari kekuatan asing. Lantaran inilah Thailand tidak memiliki Hari Kemerdekaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)