3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

Kamis, 09 Mei 2024 - 21:21 WIB
loading...
3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina
Wisuda di berbagai kampus elite di AS diwarnai aksi bela Palestina. Foto/AP
A A A
WASHINGTON - Upacara wisuda diadakan di perguruan tinggi dan universitas di seluruh AS. Ketika banyak kampus diguncang oleh protes atas perang Israel- Hamas , beberapa pengelola sekolah telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi gangguan selama kegiatan wisuda mereka.

Menjelang upacara, pihak berbagai kampus mengatakan bahwa staf dan petugas keamanan siap untuk merespons dan mengganggu dimulainya upacara tidak akan dianggap sebagai kebebasan berbicara.

3 Wisuda di Kampus Elite AS yang Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

1. Universitas Northeastern

3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

Foto/AP

Di Boston, upacara wisuda Universitas Northeastern diadakan dengan damai di tengah hujan pada hari Minggu di Fenway Park.

Beberapa siswa mengibarkan bendera kecil Palestina dan Israel, namun bendera-bendera tersebut tersebar di antara bendera India, AS, dan negara-negara lain.

Pembicara mahasiswa sarjana Rebecca Bamidele mendapat sorakan singkat ketika dia menyerukan perdamaian di Gaza.

Polisi bulan lalu menangkap sekitar 100 pengunjuk rasa di Northeastern ketika mereka membubarkan sebuah perkemahan di kampus Boston.


2. Universitas Michigan

3 Wisuda di Kampus Elite AS Diwarnai dengan Demonstrasi Pro-Palestina

Foto/AP

Petugas polisi berdiri di dekatnya ketika beberapa lulusan yang memegang bendera Palestina dan meneriakkan pesan-pesan pro-Palestina melakukan protes selama wisuda di Universitas Michigan pada hari Sabtu, di mana puluhan ribu orang berkumpul di dalam Stadion Michigan. Salah satu spanduk bertuliskan, “Tidak ada universitas tersisa di Gaza.”

Para pengunjuk rasa berada jauh dari panggung dan tidak menghentikan acara yang berlangsung hampir dua jam itu. Namun Menteri Angkatan Laut A.S. Carlos Del Toro berhenti beberapa kali selama sambutannya dan pada satu titik berkata, “Terima kasih, hadirin sekalian, jika Anda dapat menarik perhatian Anda kembali ke podium.”

Del Toro mengucapkan sumpah kepada lulusan angkatan bersenjata. Dia mengatakan mereka akan “melindungi kebebasan yang sangat kami hargai,” termasuk “hak untuk melakukan protes secara damai.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)