5 Pelabuhan Besar Ukraina, Salah Satunya Jadi Sasaran Bom Rusia

Kamis, 10 Agustus 2023 - 16:11 WIB
loading...
5 Pelabuhan Besar Ukraina, Salah Satunya Jadi Sasaran Bom Rusia
Kapal kargo berlabuh di pelabuhan Laut Hitam Odessa, Ukraina, 4 November 2016. Foto/REUTERS/Valentyn Ogirenko
A A A
KIEV - Ukraina sempat dikenal sebagai salah satu pengekspor gandum terbesar di dunia pada tahun 2021 sebelum terjadinya invasi Rusia.

Tidak hanya itu, Kiev juga menjadi pengekspor utama untuk mineral, bahan kimia, dan alat berat yang mendorong pertumbuhan ekonominya.

Sayangnya setelah Rusia mulai menginvasi pada awal 2022, membuat operasi pelabuhan yang sebelumnya selalu sibuk di Ukraina harus terganggu akibat blokade dan sejumlah penyerangan.

Setidaknya ada sekitar 13 pelabuhan yang dimiliki Ukraina, namun dari jumlah tersebut hanya ada lima pelabuhan yang bisa dikatakan punya peran sentral dalam pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Berikut ini lima pelabuhan sentral Ukraina.

5 Pelabuhan Besar Ukraina

1. Pelabuhan Chernomorsk


Pelabuhan komersial Chernomorsk terletak di pantai barat daya Laut Hitam. Tempat ini dibangun sebagai markas Perusahaan Navigasi Laut Hitam dan menampung perusahaan perikanan terbesar Ukraina.

Selama bertahun-tahun, kota pelabuhan ini telah berkembang menjadi salah satu kota terkaya yang menciptakan lapangan kerja berlimpah dan menarik orang dengan menawarkan pendapatan yang lebih tinggi.

Dilansir dari laman Marine Insight, Pelabuhan tersebut memiliki kapasitas penanganan tahunan lebih dari 32 juta ton, dengan jalur berlabuh sepanjang 6.000 m dan total 129 dermaga modern.

Terdapat pula area penyimpanan seluas 580 ribu meter persegi dan ruang gudang seluas 27 ribu meter persegi.

2. Pelabuhan Yuzhny


Pelabuhan Yuzhny terletak di barat laut Pantai Laut Hitam di provinsi Odessa. Pelabuhan ini memiliki terminal khusus untuk menangani kargo cair seperti produk minyak bumi, minyak, bahan kimia, ammonia, metanol dan kargo kering yang terdiri dari logam, bijih, batu bara, biji-bijian dan banyak lagi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)