5 Tantangan 100 Hari Pertempuran di Sudan, Belum Ada Sinyal Perdamaian

Selasa, 25 Juli 2023 - 10:01 WIB
loading...
A A A
Juga, hubungan Kairo dengan Abu Dhabi dan Addis Ababa telah tegang untuk sementara waktu, sementara Washington menikmati waktu yang lebih baik dengan UEA yang menolak mengutuk agresi Rusia di Ukraina.

“Ketegangan yang ada terbukti mungkin terlalu berlebihan untuk membuat semua orang duduk semeja,” kata Boswell.


3. Tidak Ada Ketertarikan Berdialog dari Kelompok yang Bertikai

5 Tantangan 100 Hari Pertempuran di Sudan, Belum Ada Sinyal Perdamaian

Foto/Reuters

"Terlepas dari jumlah platform negosiasi, tidak ada pihak yang bertikai yang benar-benar tertarik untuk terlibat dalam negosiasi pada tahap ini, kata Kholood Khair, pakar Sudan dan direktur pendiri Confluence Advisory.

“Mereka berdua berpikir bahwa mereka bisa menang dan [selama] keduanya berpikir mereka bisa menang, mereka akan terus mendorong secara militer tidak hanya untuk memiliki daya tawar yang lebih besar, tetapi untuk menang langsung,” kata Khair.

Namun kedua belah pihak telah menunjukkan minat dalam upaya mediasi bukan untuk menemukan solusi, melainkan mengulur waktu sambil mendapatkan legitimasi internasional.

“Kami tahu bahwa mereka telah mempersenjatai kembali, jadi mereka sama sekali tidak melakukan mediasi dengan serius atau dengan cara yang menunjukkan bahwa mereka ingin serius,” kata Khair.

4. Jumlah Korban Terus Bertambah

Sejak perang dimulai, setidaknya 3.000 orang telah tewas. Sekitar 2,6 juta orang kini mengungsi di dalam negeri, sementara lebih dari 750.000 menyeberang ke negara-negara tetangga, angka dari Organisasi Internasional untuk Migrasi menunjukkan.

Save the Children melaporkan "jumlah yang mengkhawatirkan" dari gadis remaja yang diperkosa, dengan kasus yang melibatkan anak perempuan berusia 12 tahun.

Di Darfur, di mana konflik telah mengambil dimensinya sendiri yang mengadu komunitas Arab melawan anggota suku Masalit non-Arab, semakin banyak kesaksian dan dokumen menggambarkan serangan yang meningkat hingga pembersihan etnis yang dilakukan oleh pejuang Arab bersama dengan anggota RSF, yang membantah tuduhan tersebut.

5. Sejarah Kelam yang Akan Terulang

5 Tantangan 100 Hari Pertempuran di Sudan, Belum Ada Sinyal Perdamaian

Foto/Reuters

Pertempuran di wilayah barat Sudan telah memicu kembali ketakutan akan terulangnya kekejaman yang terjadi di sana pada tahun 2003 ketika lebih dari 300.000 orang tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)