10 Negara Paling Sehat di Dunia, Salah Satunya Berikan Layanan Kesehatan Gratis dan Berkualitas

Selasa, 11 Juli 2023 - 18:20 WIB
loading...
A A A
Ada sejumlah alasan mengapa Australia muncul dalam daftar 10 negara tersehat kami, mulai dari kualitas hidup mereka yang tinggi, hingga lingkungan yang bersih dan akses mudah ke makanan sehat. Dan itu sebelum kita mencapai standar perawatan kesehatan mereka yang tinggi.

Pemerintah Australia memiliki fokus yang kuat pada kesehatan masyarakat, dan telah menerapkan sejumlah prakarsa kesehatan masyarakat untuk mendorong perilaku sehat dan mencegah penyakit. Ini termasuk kampanye anti-merokok, program vaksinasi, dan kampanye untuk mempromosikan makan sehat dan aktivitas fisik. Program Imunisasi Nasional, misalnya, memberikan vaksin gratis kepada semua anak dan banyak orang dewasa untuk mencegah penyakit menular.

Selain itu, Australia memiliki sistem perawatan kesehatan yang didanai publik yang disebut Medicare, yang menyediakan akses gratis atau berbiaya rendah ke layanan medis untuk semua warga negara dan penduduk tetap. Menurut Dana Persemakmuran, Australia menempati urutan ketiga dari 11 negara berpenghasilan tinggi dalam hal kinerja sistem perawatan kesehatan.

Menurut IPSOS, lebih dari delapan dari sepuluh warga Australia (81%) menilai kualitas layanan kesehatan di negara mereka sebagai 'baik' atau 'sangat baik' – hasil tertinggi dari 27 negara dalam survei.

7. Swiss

10 Negara Paling Sehat di Dunia, Salah Satunya Berikan Layanan Kesehatan Gratis dan Berkualitas

Foto/Reuters

Harapan hidup rata-rata: 83 tahun

Kembali ke Eropa untuk nomor tujuh – Swiss pasti akan ditemukan di daftar negara tersehat mana pun. Dikenal dengan gaya hidup luar ruangannya, Swiss menawarkan banyak kesempatan untuk hiking, bermain ski, dan bersepeda, mempromosikan budaya kesejahteraan fisik dan mental yang baik.

Dalam hal perawatan kesehatan, warga negara Swiss terpelihara dengan baik. Sistem kesehatan publik Swiss didasarkan pada asuransi kesehatan wajib, yang berarti setiap orang memiliki akses ke layanan kesehatan dasar, terlepas dari pendapatan atau status pekerjaan mereka. Terlebih lagi, Swiss memiliki salah satu rasio penyedia layanan kesehatan per kapita tertinggi di dunia, dengan 4,3 dokter dan 17,9 perawat dan bidan per 1.000 orang, menurut WHO.

Secara keseluruhan, kombinasi dari perawatan kesehatan universal, akses ke layanan kesehatan, kualitas hidup yang tinggi, dan lingkungan yang bersih semuanya berkontribusi menjadikan Swiss salah satu negara tersehat di dunia.

8. Norwegia

Harapan hidup rata-rata: 83 tahun

Sistem perawatan kesehatan universal Norwegia, gaya hidup luar ruangan yang patut ditiru, pola makan bergizi, dan akses mudah ke layanan kesehatan dan kebugaran menjadikan mereka sebagai salah satu negara tersehat di tahun 2023.

Seperti yang telah kami sebutkan, Norwegia memiliki sistem kesehatan masyarakat berdasarkan perpajakan, memberikan semua penduduk akses ke kebutuhan perawatan kesehatan dasar. Dan, dengan rasio profesional kesehatan per kapita yang mengesankan, dengan 4,9 dokter dan 18,3 perawat dan bidan per 1.000 orang, Anda dapat yakin bahwa standar perawatan kesehatan Anda di Norwegia akan sangat sesuai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)