Penutupan Konsul Houston Tanda Pergeseran Hubungan AS-China ke Arah Konfrontasi

Senin, 27 Juli 2020 - 06:00 WIB
loading...
Penutupan Konsul Houston Tanda Pergeseran Hubungan AS-China ke Arah Konfrontasi
Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Sejumlah pengamat memperingatkan bahwa penutupan konsul Houston bisa menjadi tanda pergeseran hubungan Amerika Serikat (AS) dan China ke arah konfrontasi. AS memerintahkan penutupan konsul Houston pada akhir Juli.

Perselisihan diplomatik terbaru terjadi di tengah-tengah memburuknya hubungan AS-China terkait dengan gesekan perdagangan yang sedang berlangsung, pandemi Covid-19 dan pengumuman AS bahwa mereka menganggap klaim Beijing di Laut China Selatan sebagai langkah sepihak.

Adam Ni, direktur Pusat Kebijakan China yang berbasis di Ottawa, Kanada mengatakan bahwa China kemungkinan akan menggunakan "respons simetris" terhadap langkah terbaru yang diambil Gedung Putih.

(Baca: Otoritas AS Paksa Masuk ke Konjen China di Houston, Beijing Kesal )

"Beijing kemungkinan akan membalas dengan memerintahkan penutupan salah satu konsulat AS di China. Beijing dan Washington terkunci dalam mengintensifkan persaingan strategis serta memburuknya hubungan terburuk dalam beberapa dekade," ucapnya, seperti dilansir Sputnik.

Namun, Stephen Nagy, seorang profesor senior di Universitas Kristen Internasional di Tokyo dan seorang rekan di Lembaga Urusan Global Kanada (CGAI), menyebut karena Beijing biasanya tidak ingin meningkatkan ketegangan, pembalasan China kemungkinan akan terbatas pada penargetan konsulat AS tunggal di kota lapis kedua atau, mungkin di salah satu kota lapis pertama.

Kedua pengamat percaya bahwa dunia dapat mengharapkan eskalasi lebih lanjut di hari-hari dan minggu-minggu mendatang, terutama ketika mendekati hari-hari pemilihan presiden AS November mendatang.

"Ini berarti tekanan di semua lini, termasuk daerah yang paling sensitif seperti Hong Kong, Xinjiang, dan Taiwan," ujar Nagy, menunjukkan bahwa hubungan bilateral AS-China akan terus memburuk dalam beberapa bulan mendatang dan bahkan bertahun-tahun.

(Baca: Dukung AS, Australia Tolak Klaim China atas Laut China Selatan )

"Yang mendasari semua ini adalah persaingan strategis dan pergantian tajam kebijakan AS menuju konfrontasi," Adam Ni memperingatkan.

Tom Luongo, analis geopolitik di AS mengatakan, tidak mengherankan bahwa Washington dan Beijing mencapai titik ini secepat ini, mengingat bahwa penasihat utama Trump, yang tampaknya ia percayai, semuanya adalah anti-China dan bahwa pemilihan presiden akan berlangsung dalam waktu kurang dari 100 hari.

"Setelah mengesampingkan kemungkinan bentrokan militer langsung antara AS dan Cina, Trump tampaknya bersedia untuk mendorong aspek-aspek diplomatik dan ekonomi perang hibrida ke batas mereka sementara hanya mengancam konfrontasi fisik. Saya pikir Trump dan para penasehatnya semua percaya bahwa memberikan tekanan ekonomi yang kuat pada China akan lebih menyakiti mereka daripada menyakiti AS dan bahwa ini pada akhirnya akan mengendalikan mereka," katanya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1430 seconds (0.1#10.140)