Virus Corona Terdeteksi Ada di Udara

Rabu, 29 April 2020 - 14:37 WIB
loading...
A A A
Pada bulan Februari dan Maret, para ilmuwan mengumpulkan sampel di Rumah Sakit Renmin Universitas Wuhan dan di fasilitas medis sementara yang digunakan untuk karantina dan merawat pasien dengan gejala ringan. Mereka juga mengambil sampel udara di area umum di sekitar Wuhan, termasuk bangunan tempat tinggal, supermarket, dan dua department store.

Hasilnya sangatyt sedikit virus terdeteksi di udara bangsal isolasi atau di kamar pasien rumah sakit yang berventilasi baik. Tetapi konsentrasi tinggi terdapat di area toilet kecil, berukuran sekitar satu meter persegi, yang tidak berventilasi.

"Ini semacam menekankan pentingnya menghindari ruang kecil yang terbatas," jelas Dr. Marr.

Para peneliti juga mendeteksi virus di udara di lokasi di mana anggota staf menanggalkan pakaian pelindung mereka, menunjukkan bahwa virus yang menempel di pakaian bisa menguap ke udara. Namun ini akan berkurang setelah rumah sakit menerapkan prosedur pembersihan yang lebih ketat.

Data di Wuhan seolah memperkuat temuan di Pusat Medis Universitas Nebraska, di mana penelitian lain juga menemukan RNA virus Corona di udara serta di permukaan kamar. Penelitian itu, yang masih dalam proses peninjauan oleh ilmuwan lain sebelum dipublikasikan dalam jurnal, tidak menentukan ukuran droplets. Tetapi kehadiran RNA dari virus di lokasi-lokasi terpencil, seperti di bawah tempat tidur dan kusen jendela, juga menyebutkan droplets dibawa di sekitar ruangan oleh arus udara.

Dalam makalah mereka, para peneliti Nebraska mendeteksi keberadaan RNA virus Corona, tetapi tidak apakah virus itu masih menular. Dalam percobaan tambahan, para ilmuwan berusaha menumbuhkan virus dalam culture untuk menentukan apakah mereka mampu membuat orang sakit.

"Kami telah membuat banyak kemajuan dalam beberapa minggu terakhir," kata Joshua L. Santarpia, seorang profesor patologi dan mikrobiologi di University of Nebraska Medical Center.

"Saya benar-benar berharap bahwa kita akan mulai bisa mengatakan sesuatu yang lebih pasti di minggu depan atau lebih," ujarnya.

Dalam penelitian di Wuhan, tidak ada virus yang terdeteksi di sebagian besar tempat umum yang mereka pelajari, termasuk bangunan tempat tinggal dan supermarket, meskipun beberapa tingkat terdeteksi di daerah ramai di luar salah satu rumah sakit dan di department store. Marr mengatakan bahwa dia menghitung akan memakan waktu sekitar 15 menit bagi seseorang untuk bernapas dalam satu partikel virus.

“Sangat menarik melihat ada jumlah yang terukur,” kata Dr. Marr. "Saya pikir itu menambah bukti yang baik untuk menghindari keramaian," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1161 seconds (0.1#10.140)