WHO: Covid-19 Sudah Berakhir

Jum'at, 05 Mei 2023 - 22:03 WIB
loading...
WHO: Covid-19 Sudah Berakhir
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus umumkan status Covid-19 sebagai darurat kesehatan global sudah berakhir. Foto/REUTERS/Denis Balibouse
A A A
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Jumat (5/5/2023), mengumumkanstatus Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat global sudah berakhir.

“Selama lebih dari setahun, pandemi berada dalam tren menurun dengan peningkatan kekebalan populasi dari vaksinasi dan infeksi, penurunan angka kematian, dan tekanan pada sistem kesehatan berkurang,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di Jenewa.

“Tren ini telah memungkinkan sebagian besar negara untuk hidup kembali seperti yang kita ketahui sebelum Covid-19,” lanjut Tedros, seperti dikutip Reuters.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” katanya.



Hampir 7 juta orang telah meninggal akibat virus Corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di seluruh dunia sejak WHO pertama kali mengumumkan keadaan darurat pada 30 Januari 2020. Angka itu merupakan data resmi organisasi PBB tersebut.

Tedros mengatakan jumlah kematian sebenarnya setidaknya 20 juta orang.

Keputusan WHO ini muncul ketika Amerika Serikat akan mengakhiri darurat kesehatan masyarakat nasionalnya pada 11 Mei.

Tedros mengatakan masih ada risiko munculnya varian baru dan menyebabkan lonjakan kasus lainnya. Dia memperingatkan pemerintah nasional agar tidak membongkar sistem yang telah mereka bangun untuk melawan virus.

“Virus ini ada di sini untuk tinggal. Itu masih membunuh dan masih berubah,” katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)