Jejak Panjang Pandemi Covid-19: dari Muncul di Wuhan hingga Dinyatakan Berakhir

Sabtu, 06 Mei 2023 - 00:22 WIB
loading...
Jejak Panjang Pandemi Covid-19: dari Muncul di Wuhan hingga Dinyatakan Berakhir
WHO mengumumkan status pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat global sudah berakhir. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Jumat (5/5/2023), mengumumkan status pandemi Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat global sudah berakhir.

“Selama lebih dari setahun, pandemi berada dalam tren menurun dengan peningkatan kekebalan populasi dari vaksinasi dan infeksi, penurunan angka kematian, dan tekanan pada sistem kesehatan berkurang,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada konferensi pers di Jenewa.

“Tren ini telah memungkinkan sebagian besar negara untuk hidup kembali seperti yang kita ketahui sebelum Covid-19,” lanjut Tedros, seperti dikutip Reuters.

“Oleh karena itu, dengan harapan besar saya menyatakan Covid-19 berakhir sebagai darurat kesehatan global,” katanya.



Data resmi WHO menyatakan hampir 7 juta orang telah meninggal akibat virus Corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 di seluruh dunia. Angka itu dihitung sejak WHO pertama kali mengumumkan keadaan darurat pada 30 Januari 2020.

Namun Tedros mengatakan jumlah kematian sebenarnya setidaknya 20 juta orang.


Jejak Panjang Pandemi Covid-19


Desember 2019


Pada bulan Desember 2019, wabah virus corona jenis baru pertama kali diidentifikasi di Wuhan, Hubei, China. Wabah ini membuat tahun baru menjadi suram.

11 Februari 2020


WHO mengumumkan nama untuk penyakit coronavirus baru: Covid-19, nama yang tidak "mengacu pada lokasi geografis, hewan, individu atau kelompok orang, dan yang juga dapat diucapkan dan terkait dengan penyakit tersebut."

Itu baru diakui sebagai pandemi oleh WHO pada 11 Maret 2020.

Pandemi menyebabkan gangguan sosial ekonomi global karena tindakan drastis diambil untuk menekan wabah. Setelah dinyatakan sebagai pandemi, lonjakan kasus infeksi dan kematian terjadi di China dan berbagai negara, termasuk negara-negara Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1624 seconds (0.1#10.140)