Bukan Kebocoran Lab, Data Baru Kaitkan Virus Covid-19 Berasal dari Binatang Ini

Minggu, 19 Maret 2023 - 07:31 WIB
loading...
Bukan Kebocoran Lab, Data Baru Kaitkan Virus Covid-19 Berasal dari Binatang Ini
Anjing Rakun diduga menjadi penyebab pandemi Covid-19. Foto/Slate
A A A
JENEWA - Sebuah data terbaru menunjukkan jika virus Covid-19 bukanlah dari kebocoran laboratorium melainkan dari seekor binatang. Namun binatang yang dimaksud bukanlah kelelawar seperti yang sempat diyakini sebelumnya.

Materi genetik yang dikumpulkan di pasar China dekat tempat kasus manusia pertama terinfeksi Covid-19 diidentifikasi menunjukkan DNA anjing rakun bercampur dengan virus.

“Data ini tidak memberikan jawaban pasti tentang bagaimana pandemi dimulai, tetapi setiap data penting untuk mendekatkan kita ke jawaban itu,” kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (19/3/2023).

Bagaimana virus corona muncul masih belum jelas. Banyak ilmuwan percaya kemungkinan besar itu menular dari hewan ke manusia, seperti banyak virus lain di masa lalu, di pasar satwa liar di Wuhan, China. Tetapi Wuhan adalah rumah bagi beberapa laboratorium yang terlibat dalam mengumpulkan dan mempelajari virus Corona, memicu teori yang menurut para ilmuwan masuk akal bahwa virus itu mungkin telah bocor dari satu laboratorium.

Temuan baru tidak menyelesaikan pertanyaan, dan belum ditinjau secara resmi oleh para ahli lain atau diterbitkan dalam jurnal peer-review.

Tedros mengkritik China karena tidak membagikan informasi genetik sebelumnya, mengatakan pada konferensi pers bahwa data ini dapat dan seharusnya dibagikan tiga tahun lalu.

Sampel dikumpulkan dari permukaan di pasar makanan laut Huanan pada awal 2020 di Wuhan, tempat kasus Covid-19 pertama pada manusia ditemukan pada akhir 2019.

Tedros mengatakan urutan genetik baru-baru ini diunggah ke database virus publik terbesar di dunia oleh para ilmuwan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.

Mereka kemudian dihapus, tetapi tidak sebelum seorang ahli biologi Prancis melihat informasi itu secara kebetulan dan membagikannya dengan sekelompok ilmuwan yang berbasis di luar China yang menyelidiki asal-usul virus Corona.

Data menunjukkan bahwa beberapa sampel positif Covid yang dikumpulkan dari sebuah kios yang diketahui terlibat dalam perdagangan satwa liar juga mengandung gen anjing rakun, yang menunjukkan bahwa hewan tersebut mungkin telah terinfeksi oleh virus tersebut, menurut para ilmuwan. Analisis mereka pertama kali dilaporkan di The Atlantic.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2274 seconds (0.1#10.140)