10 Negara yang Memberlakukan 4 Hari Kerja, Nomor 9 Sukses Mengurangi Tren Bunuh Diri

Jum'at, 23 Juni 2023 - 14:06 WIB
loading...
A A A
Responden mengatakan bahwa program tersebut akan sangat meningkatkan kesehatan dan kebahagiaan mereka.

Skotlandia menunjuk ke Islandia dan hasil yang kuat sebagai alasan besar untuk mengambil kesempatan dengan minggu kerja empat hari.

Beberapa bisnis Skotlandia telah memulai minggu kerja terpotong mereka sendiri, dengan Grup UPAC yang berbasis di Glasgow baru-baru ini mengatakan karyawannya akan menikmati empat hari seminggu dengan gaji yang sama setelah menjalankan program percontohan yang sukses.

Di Wales, Komite Petisi dalam Senedd (parlemen Welsh) merekomendasikan pemerintah Welsh melakukan skema percontohan, setelah publikasi laporan mengenai gagasan tersebut.

Jack Sargeant, Anggota Senedd dan ketua komite mengatakan kepada situs web Nation.Cymru bahwa Wales harus memimpin dalam mengeksplorasi empat hari seminggu. “Ini adalah proposal yang berani tetapi tidak lebih berani dari para juru kampanye yang berjuang selama lima hari seminggu, membayar liburan dan gaji sakit yang sekarang kita terima begitu saja,” katanya.

“Saat kami menyerukan empat hari kerja dalam seminggu, kami (berbicara tentang) mengurangi jam kerja dalam suatu organisasi, tetapi bukan pengurangan tingkat gaji. Ada sejumlah uji coba di luar sana yang menunjukkan bahwa produktivitas meningkat".

Pemerintah Welsh sedang mempertimbangkan kemungkinan uji coba setelah menugaskan laporan oleh Komisaris Generasi Mendatang yang merekomendasikan uji coba empat hari kerja dalam seminggu untuk dilakukan di sektor publik.


2. Belgia

10 Negara yang Memberlakukan 4 Hari Kerja, Nomor 9 Sukses Mengurangi Tren Bunuh Diri

Foto/Reuters

Belgia memperkenalkan minggu kerja empat hari bagi karyawan yang menginginkannya.

Belgia menjadi negara pertama di Eropa yang membuat undang-undang selama empat hari seminggu.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)