11 Badan Intelijen Terbaik di Dunia, Nomor 3 Paling Ditakuti karena Kekejamannya

Rabu, 21 Juni 2023 - 11:48 WIB
loading...
A A A
Badan ini terlibat dalam banyak peristiwa besar dalam sejarah seperti Perang Dunia Kedua, Perang Dingin, dan banyak perselisihan regional lainnya di seluruh dunia.

3. Mossad - Israel

11 Badan Intelijen Terbaik di Dunia, Nomor 3 Paling Ditakuti karena Kekejamannya

Mossad merupakan badan intelijen Israel, dan merupakan yang paling mampu, salah satu agen mata-mata tertua dan paling ditakuti di dunia.

Mossad adalah badan intelijen asing seperti CIA Amerika Serikat. Tidak hanya bertugas mengumpulkan intelijen tetapi juga bertanggung jawab untuk melakukan kontra-terorisme dan operasi rahasia di luar negeri.

Mossad memulai dana inovasi teknologi Libratad untuk berinvestasi di perusahaan rintisan teknologi yang sedang naik daun.

Badan ini memiliki satuan penanggulangan terorisme sendiri yaitu Kidon dan Metsada. Untuk misi yang sangat sensitif. Kidon adalah sekelompok tentara yang sangat terlatih yang melakukan sabotase di seluruh dunia dan penugasan profil tinggi.

Operasi rahasia yang dilakukan oleh Mossad adalah untuk kepentingan komunitas Yahudi di seluruh dunia.

Pada tahun 1972 setelah Pembantaian Munich, badan tersebut melakukan operasi rahasia besar-besaran bernama Wrath of God untuk melacak dan melenyapkan anggota kelompok militan bersenjata Palestina yang terlibat dalam penyerangan tersebut. Operasi tersebut mencakup Yunani, Prancis, Italia, Aljazair, Libya.


4. Badan Penelitian dan Analisis - India

Lembaga tersebut didirikan pada 1968 setelah kegagalan intelijen India selama perang China-India tahun 1962. Itu merupakan kemunduran besar bagi biro intelijen; badan tersebut bertanggung jawab atas keamanan eksternal dan internal negara pada saat itu.

Untuk pencegahan peristiwa bencana seperti itu di masa depan, pemerintah India mendirikan Research and Analysis Wing yang sepenuhnya didedikasikan untuk badan intelijen eksternal; tanggung jawabnya termasuk memantau penyelundupan senjata dan narkotika ke dalam negeri, mengumpulkan intelijen dari negara asing mengenai keamanan nasional negara tersebut.

Badan tersebut memiliki kehadiran substansial di Afghanistan sejak 1990-an setelah kebangkitan Taliban ketika didukung Pakistan, dan India memutuskan untuk berpihak pada Aliansi Utara - Front Persatuan dengan R&AW memberikan dukungan logistik dan intelijen yang diperlukan.

5. GCHQ - Inggris

Lembaga adalah organisasi keamanan yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi intelijen melalui intelijen sinyal untuk pemerintah Inggris Raya dan angkatan bersenjatanya.

Bentuk lengkap GCHQ adalah Kantor Pusat Komunikasi Pemerintah, dan didirikan pada tahun 1919. Organisasi ini terdiri dari dua komponen yakni GCHQ Bude dan National Cyber Security Center (NCSC). Pusat Keamanan Siber Nasional (NCSC) memberikan nasihat kepada pemerintah terkait keamanan siber dan penilaian ancaman di Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1497 seconds (0.1#10.140)