11 Badan Intelijen Terbaik di Dunia, Nomor 3 Paling Ditakuti karena Kekejamannya

Rabu, 21 Juni 2023 - 11:48 WIB
loading...
A A A
Sedangkan GCHQ Bude bertanggung jawab untuk mengumpulkan operasi intelijen yang lebih luas seperti intersepsi data kabel dan satelit.

6. Badan Intelijen Asing (SVR RF) Rusia

SVR RF, atau Badan Intelijen Asing Federasi Rusia, menggantikan badan eksternal Rusia KGB yang dibubarkan pada 1991.

Berbagai tugasnya termasuk melakukan pengumpulan intelijen strategis, spionase ekonomi, dan melindungi pejabat Rusia di luar negeri. SVR RF memainkan peran yang lebih berpengaruh dalam kebijakan luar negeri Rusia daripada kementeriannya.

Badan intelijen ini bekerja sama dengan unit intelijen militer asing Rusia, GRU, untuk operasi rahasia dan spionase di banyak negara asing.


7. Kementerian Keamanan Negara- China

MSS Kementerian Keamanan Negara merupakan badan sipil yang bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen asing dan dalam negeri dan kontra intelijen untuk Republik Rakyat China.

Strukturnya saat ini didirikan pada 1983 setelah penggabungan antara cabang kontra intelijen Kementerian Keamanan Publik dan Departemen Investigasi Pusat (badan intelijen asing sebelumnya).

Kehadirannya signifikan di lima benua, dan dianggap sebagai salah satu badan intelijen paling berpengaruh dan kuat di dunia. Badan ini terkenal karena strategi pengumpulan-intelijennya yang tidak konvensional dan agresif.

MSS telah melakukan kegiatan spionase terhadap beberapa negara tuan rumah dalam beberapa tahun terakhir, termasuk AS, di mana Amerika Serikat telah menderita kerusakan ekonomi sekitar USD300 miliar hingga USD445 miliar per tahun karena serangan ekonomi dan siber China.

8. Badan Intelijen Federal (BND) - Jerman

11 Badan Intelijen Terbaik di Dunia, Nomor 3 Paling Ditakuti karena Kekejamannya

Foto/Reuters

Bundesnachrichtendienst (BND) adalah badan intelijen asing Jerman yang didirikan pada tahun 1956 pada masa Perang Dingin dengan bantuan CIA.

Itu adalah satu-satunya pintu gerbang bagi agen mata-mata negara-negara barat untuk memantau blok timur secara ketat bahkan setelah bertahun-tahun berdirinya.

BND dianggap sebagai badan intelijen paling banyak informasi tentang Asia Barat sepanjang tahun 1960-an dan 1970-an.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1259 seconds (0.1#10.140)