Presiden Afrika Selatan kepada Putin: Perang Ukraina Harus Diakhiri

Minggu, 18 Juni 2023 - 08:14 WIB
loading...
A A A
Tetapi Putin menyalahkan Barat atas krisis biji-bijian - bukan perang di Ukraina - karena dia mengatakan hanya 3% dari ekspor biji-bijian yang diizinkan berdasarkan kesepakatan yang disponsori PBB untuk memastikan jalur aman melalui Laut Hitam pergi ke negara-negara termiskin di dunia.

Rusia telah berulang kali mengeluh bahwa sanksi Barat membatasi ekspor pertaniannya sendiri. Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan tidak ada alasan untuk memperpanjang kesepakatan biji-bijian, karena sejauh ini apa yang dijanjikan kepada Rusia belum dilakukan.



Putin memuji apa yang dia gambarkan sebagai posisi seimbang Afrika dalam perang, yang terus disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus".

Delegasi Afrika, terdiri dari wakil-wakil dari Afrika Selatan, Mesir, Senegal, Kongo-Brazzaville, Komoro, Zambia, dan Uganda telah dirancang khusus untuk keluasan dan keseimbangan, dengan anggota dari berbagai bagian Afrika dengan pandangan yang berbeda tentang konflik.

Afrika Selatan dan Uganda dipandang condong ke Rusia, sedangkan Zambia dan Komoro lebih dekat ke Barat. Mesir, Senegal, dan Kongo-Brazzaville sebagian besar tetap netral.

Negara-negara Afrika terutama melihat konflik tersebut sebagai konfrontasi antara Rusia dan Barat.

Delegasi tersebut juga bertemu dengan para pemimpin Ukraina pada hari Jumat, di mana Ramaphosa memperingatkan bahwa perang di Eropa mempengaruhi antara 1,2 dan 1,3 miliar orang di Afrika.

Setelah para pemimpin mendarat, sirene serangan udara terdengar di ibu kota Ukraina, Kiev, yang menurut Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menunjukkan bahwa Putin menginginkan "lebih banyak perang".

Selama pertemuan mereka, Zelensky mengatakan kepada delegasi bahwa "hasil penting dari misi Anda" adalah menjadi perantara untuk membebaskan tahanan politik yang ditahan oleh Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0721 seconds (0.1#10.140)