Pertempuran Kian Sengit, Penduduk Khartoum Terjebak di Tengah Baku Tembak

Jum'at, 09 Juni 2023 - 04:30 WIB
loading...
Pertempuran Kian Sengit, Penduduk Khartoum Terjebak di Tengah Baku Tembak
Pertempuran Kian Sengit, Penduduk Khartoum Terjebak di Tengah Baku Tembak. FOTO/Khartoum
A A A
KHARTOUM - Pertempuran berlanjut di bagian selatan ibu kota Sudan , Khartoum . Penduduk terjebak dalam beberapa bentrokan paling sengit dalam konflik bersenjata yang sudah berlangsung hampir delapan pekan itu.

Al Jazeera melaporkan, penduduk Khartoum selatan melaporkan bentrokan pada Kamis (8/6/2023) pagi di dekat kompleks militer Yarmouk, ketika tentara Sudan dan Pasukan Dukungan Cepat (RSF) paramiliter berjuang untuk mengendalikannya.



Satu hari sebelumnya, kobaran api besar melahap fasilitas bahan bakar di sebelah kompleks, yang juga berisi perusahaan manufaktur senjata.

“Ancamannya cukup besar,” kata reporter Al Jazeera, Hiba Morgan. “Penduduk mengatakan, mereka telah mendengar berbagai ledakan di sekitar depot bahan bakar dan mendengar tembakan artileri ke arah perusahaan senjata,” lanjutnya.

RSF mengklaim telah mengambil alih gudang yang berisi senjata dan amunisi serta beberapa titik masuk ke kompleks yang dijaga ketat, sementara tentara menggunakan serangan udara untuk menghalau gerak maju.

Pertempuran di tiga kota yang membentuk wilayah ibu kota Sudan yang lebih besar – Khartoum, Khartoum Utara, dan Omdurman – telah meningkat sejak gencatan senjata 12 hari yang goyah antara tentara dan RSF secara resmi berakhir pada 3 Juni setelah pelanggaran berulang kali.



Morgan mengatakan, bagian selatan perumahan ibu kota awalnya terhindar. “Banyak orang di ibu kota melarikan diri ke bagian selatan Khartoum, mengira itu lebih aman. Sekarang daerah itu adalah zona pertempuran, ”katanya.

Warga yang berbicara dengan Al Jazeera melalui telepon mengatakan mereka ingin mengungsi, tetapi takut meninggalkan rumah mereka di tengah pertempuran yang terus berlanjut dan kurangnya transportasi. “Keluar dari ibu kota saat ini cukup berbahaya bagi banyak orang,” kata Morgan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)