Pasukan Paramiliter Sudan Ambil Alih Museum Khartoum

Minggu, 04 Juni 2023 - 08:12 WIB
loading...
Pasukan Paramiliter Sudan Ambil Alih Museum Khartoum
Pasukan paramiliter Sudan, Pasukan Pendukung Cepat (RSF), mengambil alih museum Khartoum. Foto/Al Arabiya
A A A
KHARTOUM - Pasukan paramiliter Sudan telah mengambil alih museum nasional di Khartoum. Hal itu diungkapkan wakil direktur museum, mendesak mereka untuk melindungi artefak berharga dari warisan bangsa yang mencakup mumi kuno.

Wakil Direktur Museum Ikhlas Abdellatif mengatakan anggota kelompok Pasukan Pendukung Cepat (RSF), yang telah memerangi tentara sejak pertengahan April untuk menguasai Sudan, memasuki museum pada hari Jumat.

"Staf museum tidak mengetahui situasi di dalam museum karena mereka menghentikan pekerjaan di sana setelah konflik yang tiba-tiba meletus pada 15 April, memaksa polisi yang menjaga fasilitas tersebut untuk berhenti," kata Abdellatif seperti dikutip dari Al Arabiya, Minggu (4/6/2023).

RSF merilis video yang difilmkan di dalam halaman museum yang menunjukkan seorang tentara menyangkal bahwa mereka telah melakukan kerusakan pada museum atau akan melakukannya, dan mengundang individu atau organisasi mana pun untuk mengunjungi museum untuk memeriksanya.

Video tersebut juga menunjukkan pejuang RSF menutupi mumi yang terbuka dengan seprai dan menutup kotak putih polos tempat mumi disimpan. Tidak jelas kapan atau mengapa mumi itu ditemukan.

Museum ini berada di sebuah bangunan besar di tepi Sungai Nil di pusat Khartoum, dekat bank sentral di daerah tempat beberapa pertempuran paling sengit terjadi.



Di antara ribuan peninggalannya yang tak ternilai adalah mumi yang dibalsem yang berasal dari 2.500 SM, menjadikannya salah satu yang tertua dan paling penting secara arkeologis di dunia.

Museum ini juga berisi patung, tembikar, dan mural kuno, dengan artefak dari zaman batu hingga era Kristen dan Islam, kata mantan direktur Hatim Alnour.

Roxanne Trioux, bagian dari tim arkeologi Prancis yang bekerja di Sudan, mengatakan bahwa mereka telah memantau gambar satelit dari museum tersebut dan telah melihat tanda-tanda potensi kerusakan di sana sebelum Jumat, dengan tanda-tanda terbakar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)
pixels