6 Selera Unik Putin, Ternyata Suka Genre Musik Endemik

Kamis, 01 Juni 2023 - 11:31 WIB
loading...
A A A
Beberapa orang yang mengenal Putin saat remaja yang tumbuh di Leningrad, sekarang St Petersburg, mengatakan bahwa ketertarikannya pada kehidupan penjara berasal dari studinya tentang sambo. Sambo merupakan salah satu bentuk gulat yang menjadi khas Rusia.

Selain itu, Putin juga memiliki hubungan dengan pelatihnya yakni Leonid Usvyatsov, telah menjalani hampir 20 tahun penjara karena pemerkosaan. “Putin terhubung dengan bandit melalui pelatih seniornya Leonid Usvyatsov,” mantan pelatih sambo Putin Nikolay Vashchilin mengatakan kepada Radio Free Europe Rusia.

Usvyatsov ditembak mati pada tahun 1994 oleh penjahat lainnya. "Aku sudah mati, tapi mafia itu abadi," kata tulisan di batu nisannya.

Tetapi penduduk Uni Soviet dan Rusia modern memiliki daya tarik yang aneh dengan kehidupan penjara dan bahasa gaul. Puluhan juta orang melewati masa gulag (kerja paksa di penjara) Soviet. Rusia masih memiliki populasi penjara terbesar kelima di dunia dengan hampir 440.000 narapidana pada tahun 2022.

3. Suka Genre Musik Endemik

Pada 1980-an, Putin menjadi penggemar genre musik endemik Rusia yang menonjolkan penjara dan gaya hidup kriminal. Genre tersebut memadukan pengaruh Ukraina-Yahudi dan Roma dengan romansa. Gaya lagu endemik cenderung melodramatis abad ke-19.

Teman masa kecil Putin, Sergey Roldugin, ingat bagaimana pada 1980-an mereka mendengarkan Willy Tokaryev, seorang emigre chanson crooner. Lagu favorit mereka adalah “Catch the Thief”, terutama kalimat: “Kita semua adalah residivis.”

Putin juga kerap mendengarkan Radio Chanson. Di radio tersebut kerap memutar lagu milik Lyube, grup yang disebut Putin sebagai favoritnya. Pada 2002, Putin menunjuk pemimpin band Lyube, Nikolay Rastorguev, sebagai salah satu penasihat budayanya.

Kemudian, Rastorguev menjabat sebagai anggota parlemen Rusia Bersatu, partai pro-Putin yang berkuasa. Tahun lalu, Uni Eropa memasukkan Rastorguev ke dalam daftar hitam karena mendukung perang di Ukraina.



4. Suka Menggunakan Bahasa Slang

Putin dulu dikenal dengan pidatonya dengan frasa yang aneh dan idiom fenya sejak awal pemerintahannya 23 tahun lalu. Apa itu fenya? Fenya merupakan bahasa slang Rusia yang dikenal mengandung umpatan dan makian. Itu dikenal sebagai bahasa yang digunakan di kalangan pelaku kejahatan.

Jauh sebelum mantan Presiden AS Donald Trump membangun karier politiknya dengan bahasa misoginis dan intoleran, Putin melakukan hal serupa di Rusia.

“Kami akan merendam mereka di kakus,” kata Putin, perdana menteri yang baru diangkat dalam pemerintahan Presiden Boris Yeltsin, pada 1999 tentang pemboman Rusia di Grozny, ibu kota wilayah separatis Chechnya saat itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)