11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Selasa, 30 Mei 2023 - 13:17 WIB
loading...
A A A
"Program tersebut menggagalkan 45 potensi penyergapan," kata Bob Bailey, mantan pelatih hewan Angkatan Laut AS. "Sayangnya, tidak ada cara untuk mengambil merpati jika mereka tidak melihat musuh," kata Bailey.

Kemudian, India telah menuduh Pakistan menerbangkan merpati mata-mata beberapa kali selama beberapa tahun terakhir.

5. Burung Gagak

Militer AS juga menggunakan burung gagak untuk memata-matai.

Dilansir majalah Smithsonian, Bob Bailey mengungkapkan gagak digunakan mirip dengan merpati. Burung gagak mampu mendeteksi pola, jadi mereka bisa digunakan untuk menemukan musuh.

"Ini beroperasi sendiri, dan bekerja sangat baik sendirian," kata Bailey. "Benda-benda ini dapat mengangkat beban. Sungguh luar biasa melihat burung gagak ini membawa muatan di paruhnya yang akan mengalahkan burung biasa," imbuhnya.

6. Kucing

Pada 1960-an, CIA menghabiskan sekitar USD10 juta untuk memodifikasi operasi kucing sehingga mereka dapat menyampaikan rekaman audio tentang apa yang terjadi di kedutaan Soviet. Program tersebut tampaknya tidak berhasil, karena kucing sering berkeliaran sendiri, dan operasi Acoustic Kitty dibatalkan pada 1967. Catatan tentang program tersebut dihancurkan dalam kebakaran pada 1989.

7. Hiu

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)