11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Selasa, 30 Mei 2023 - 13:17 WIB
loading...
11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial
Paus beluga disebut sebagai hewan yang dijadikan alat spionase oleh militer Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Banyak hewan yang digunakan untuk spionase. Banyak negara seperti Rusia, hingga Amerika Serikat (AS) memiliki sejarah melatih hewan untuk mengumpulkan kecerdasan, dari kucing hingga lumba-lumba.

"Kami tidak pernah menemukan hewan yang tidak bisa kami latih," kata Bob Bailey, mantan pelatih hewan dan ahli strategi Angkatan Laut, kepada majalah Smithsonian.

Hewan tersebut dilatih secara khusus untuk melakukan pengumpulan data dengan dibantu dengan pemasangan kamera canggih. Selain itu, banyak binatang juga dilatih untuk melakukan aksi pengintaian dan mengikuti jejak kapal selam.

Berikut 11 hewan yang kerap digunakan untuk membantu aksi spionase.



1. Paus Beluga

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Hvaldimir menjadi paus jenis beluga yang paling populer sebagai hewan yang diperbantukan untuk aksi spionase dalam beberapa tahun terakhir. Itu pertama kali ditemukan oleh nelayan Norwegia pada 2019 karena mengenakan pelindung kamera ketat berlabel 'Peralatan St. Petersburg'.

Orang Norwegia menjuluki beluga "Hvaldimir" - plesetan dari kata "paus" dalam bahasa Norwegia, hval, dan "dimir", merujuk pada dugaan hubungannya dengan Rusia.

Paus itu bergesekan dengan perahu nelayan, tampaknya berusaha melepaskan diri dari perlengkapan mata-mata. Namun, Rusia mengklaim tidak menggunakan paus sebagai mata-mata. Paus adalah hewan cerdas dengan kemampuan sonar luar biasa yang menggunakan gelombang suara untuk menemukan makanan dan mengidentifikasi mangsa dan pemangsa.

Organisasi OneWhale melaporkan Hvaldimir telah menghabiskan lebih dari tiga tahun bergerak dari pantai Norwegia kemudian pindah ke Swedia. Pada Minggu (28/5/2023), Hvaldimir terlihat di Hunnebostrand, lepas pantai barat daya Swedia.

"Kami tidak tahu mengapa kecepatannya begitu cepat sekarang terutama karena Hvaldimir bergerak sangat cepat menjauh dari lingkungan alaminya", kata Sebastian Strand, seorang ahli biologi kelautan dengan organisasi OneWhale. “Bisa jadi hormon mendorongnya untuk mencari jodoh. Atau bisa juga kesepian, karena beluga adalah spesies yang sangat sosial – bisa jadi dia sedang mencari paus beluga lainnya.” Hvaldimir diyakini berusia antara 13 dan 14 tahun. Melihat usianya, hormonn Hvaldimir sangat tinggi.

Organisasi OneWhale menyimpulkan, Hvaldimir bukanlah paus liar. Hvaldimir berperilaku seperti hewan peliharaan yang hilang atau ditinggalkan. Paus beluga, yang dapat mencapai ukuran enam meter dan hidup antara 40 dan 60 tahun. Umumnya, paus tersebut menghuni perairan es di sekitar Greenland, Norwegia bagian utara, dan Rusia.

Hal senada diungkapkan peneliti paus Martin Biuw. "Jika paus Hvaldimir berasal dari Rusia - dan ada alasan kuat untuk mempercayainya - maka bukan ilmuwan Rusia melainkan angkatan laut yang melakukannya," kata peneliti Martin Biuw kepada NRK Norwegia.

Ahli biologi kelautan Audun Rikardsen mengatakan kepada BBC bahwa Rusia memiliki pangkalan angkatan laut di wilayah tersebut. Militer Rusia melatih paus domestik. "Seorang rekan Rusia mengatakan mereka tidak melakukan eksperimen seperti itu, tetapi dia tahu angkatan laut telah menangkap beluga selama beberapa tahun dan melatih mereka – kemungkinan besar itu terkait dengan itu,” katanya.

Kenapa dikirim ke Swedia dan Norwegia? Laut Barents merupakan kawasan geopolitik strategis tempat pergerakan kapal selam Barat dan Rusia. Itu juga merupakan pintu gerbang untuk mempersingkat perjalanan maritim antara samudra Atlantik dan Pasifik.

2. Lumba-Lumba

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Negara yang menggunakan lumba-lumba untuk kepentingan spionase adalah Rusia. Itu ditegaskan langsung oleh Viktor Baranets, pejabat militer militer Rusia, mengatakan negara itu memiliki lumba-lumba militer untuk peran tempur.

"Kami tidak menutupinya," kata Baranets. "Di Sevastopol (di Crimea) kami memiliki pusat lumba-lumba militer, dilatih untuk menyelesaikan berbagai tugas, mulai dari menganalisis dasar laut hingga melindungi bentangan air, membunuh penyelam asing, dan memasang ranjau ke lambung kapal asing," tuturnya.

Selain Rusia, AS juga menggunakan lumba-lumba untuk operasional intelijennya. Sejak 1960-an, Angkatan Laut AS melatih lumba-lumba untuk menemukan ranjau bawah air dan mendeteksi kapal selam. Sebelumnya, pada 2015, Hamas menuduh Israel menggunakan lumba-lumba untuk memata-matai.

3. Singa Laut

Angkatan Laut AS melatih singa laut dengan cara yang sama. Singa laut memiliki penglihatan yang sangat baik. Dan seperti lumba-lumba, mereka pandai menemukan ranjau bawah air dan benda-benda yang hilang.

Angkatan Laut AS menggunakannya untuk mengambil bahan seperti ranjau tak bersenjata untuk misi pengintaian uji coba.



4. Merpati

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Sejarah mencatat, ,erpati digunakan untuk menyampaikan pesan antar batalyon Perang Dunia I.

Pada 1960-an dan 1970-an, militer AS melatih merpati untuk terbang di atas wilayah musuh dan mencari potensi penyergapan. Mereka dipandu oleh penunjuk laser dan dilatih untuk menjatuhkan alat perekam jika mereka melihat pasukan musuh.

"Program tersebut menggagalkan 45 potensi penyergapan," kata Bob Bailey, mantan pelatih hewan Angkatan Laut AS. "Sayangnya, tidak ada cara untuk mengambil merpati jika mereka tidak melihat musuh," kata Bailey.

Kemudian, India telah menuduh Pakistan menerbangkan merpati mata-mata beberapa kali selama beberapa tahun terakhir.

5. Burung Gagak

Militer AS juga menggunakan burung gagak untuk memata-matai.

Dilansir majalah Smithsonian, Bob Bailey mengungkapkan gagak digunakan mirip dengan merpati. Burung gagak mampu mendeteksi pola, jadi mereka bisa digunakan untuk menemukan musuh.

"Ini beroperasi sendiri, dan bekerja sangat baik sendirian," kata Bailey. "Benda-benda ini dapat mengangkat beban. Sungguh luar biasa melihat burung gagak ini membawa muatan di paruhnya yang akan mengalahkan burung biasa," imbuhnya.

6. Kucing

Pada 1960-an, CIA menghabiskan sekitar USD10 juta untuk memodifikasi operasi kucing sehingga mereka dapat menyampaikan rekaman audio tentang apa yang terjadi di kedutaan Soviet. Program tersebut tampaknya tidak berhasil, karena kucing sering berkeliaran sendiri, dan operasi Acoustic Kitty dibatalkan pada 1967. Catatan tentang program tersebut dihancurkan dalam kebakaran pada 1989.

7. Hiu

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Pada 2016, majalah New Scientist melaporkan bahwa Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) Departemen Pertahanan AS berencana mengendalikan hiu dari jarak jauh dengan menanamkan elektroda ke dalam otak mereka. Hiu akan digunakan untuk melacak kapal bawah air secara diam-diam, dan akan memanfaatkan kemampuan alami hewan untuk merasakan gradien listrik dan mengikuti jalur kimia.

Para ilmuwan membahas proyek tersebut pada Pertemuan Ilmu Kelautan 2006 dari Persatuan Geofisika Amerika di Honolulu, Hawaii. Tidak jelas apakah itu pernah berubah menjadi kenyataan.

8. Tupai

Iran menuduh 14 tupai sebagai mata-mata Israel. Salah satu tuduhan tersebut datang pada 2007, ketika dinas intelijen Iran menangkap 14 tupai di dekat pabrik pengayaan nuklir.

"Dalam beberapa minggu terakhir, agen intelijen telah menangkap 14 tupai di dalam perbatasan Iran," lapor kantor berita IRNA .
"Tupai-tupai itu membawa perlengkapan mata-mata dari badan-badan asing, dan dihentikan sebelum sempat bertindak, berkat kesigapan dinas intelijen kami."

Mantan agen CIA dan profesor satwa liar John Koprowski mengatakan kepada NPR pada saat itu bahwa tupai tidak mungkin dilatih untuk mengumpulkan intelijen yang berguna.

9. Bunglon

Iran juga menuduh bunglon mencoba menggagalkan rencana nuklir. Pada 2018, Hassan Firuzabadi, penasihat militer senior untuk pemimpin Iran, Ayatollah Ali Khamenei, mengatakan bahwa badan intelijen Barat mencoba menyelundupkan bunglon ke negara itu. Dia mengatakan bunglon tersebut bisa mendeteksi ranjau uranium.

"Yang mereka miliki adalah berbagai spesies reptil gurun seperti kadal, bunglon," kata Firuzabadi. . "Kami menemukan bahwa kulit mereka menarik gelombang atom dan bahwa mereka adalah mata-mata nuklir yang ingin mencari tahu di mana di dalam Republik Islam Iran kami memiliki tambang uranium dan di mana kami terlibat dalam aktivitas atom."

10. Burung Bangkai Hering Griffon

Arab Saudi menuduh Israel menggunakan burung hering griffon untuk memata-matai negara.

Pada 2011, seorang pemburu Arab Saudi menangkap burung pemakan bangkai griffon dan menemukan tanda "Universitas Tel Aviv" di kakinya. Kabar tersebut menyebar ke kantor berita lokal, yang menuduh Israel menggunakan burung tersebut untuk memata-matai.

Seorang pejabat keamanan nasional Arab Saudi menepis rumor tersebut dan memerintahkan agar burung itu dibebaskan. Universitas menggunakan monitor GPS untuk melacak burung nasar griffon sebagai bagian dari proyek untuk memperkenalkan mereka kembali ke wilayah pegunungan Israel.

“Sistem ini dipasang pada burung dan hewan, termasuk hewan laut,” kata Pangeran Bandar bin Saud Al Saud. "Sebagian besar negara menggunakan sistem ini, termasuk Arab Saudi."

Salah satu atu faksi dalam perang sipil Yaman menuduh faksi lain menggunakan burung pemakan bangkai griffon sebagai mata-mata. Suriah menuduh burung nasar griffon memata-matai Israel, tetapi akhirnya mengembalikan hewan itu ke pihak berwenang Israel setelah memutuskan bahwa itu tidak benar.

11. Burung Pelikan

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Sudan menuduh pelikan memata-matai atas nama layanan Mossad Israel dalam keadaan yang sama pada tahun 1970-an. Kedua negara tidak memiliki hubungan diplomatik formal, yang mempersulit ilmuwan Israel untuk menyelamatkan pelikan pada tahun 2011 yang ditandai dengan teknologi GPS Israel dan ditangkap di Sudan.

Pada 2011, pejuang Hizbullah menembak jatuh elang Bonelli yang langka. Agensi media yang berafiliasi menyebutnya sebagai mata-mata Israel. Ternyata, burung itu baru saja dipelajari oleh Prof. Yossi Leshem, seorang ahli burung di Universitas Tel Aviv, yang memasang pelacak GPS.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)