11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Selasa, 30 Mei 2023 - 13:17 WIB
loading...
11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial
Paus beluga disebut sebagai hewan yang dijadikan alat spionase oleh militer Rusia. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Banyak hewan yang digunakan untuk spionase. Banyak negara seperti Rusia, hingga Amerika Serikat (AS) memiliki sejarah melatih hewan untuk mengumpulkan kecerdasan, dari kucing hingga lumba-lumba.

"Kami tidak pernah menemukan hewan yang tidak bisa kami latih," kata Bob Bailey, mantan pelatih hewan dan ahli strategi Angkatan Laut, kepada majalah Smithsonian.

Hewan tersebut dilatih secara khusus untuk melakukan pengumpulan data dengan dibantu dengan pemasangan kamera canggih. Selain itu, banyak binatang juga dilatih untuk melakukan aksi pengintaian dan mengikuti jejak kapal selam.

Berikut 11 hewan yang kerap digunakan untuk membantu aksi spionase.



1. Paus Beluga

11 Binatang yang Kerap Dijadikan Alat Spionase, Paus Paling Kontroversial

Foto/Reuters

Hvaldimir menjadi paus jenis beluga yang paling populer sebagai hewan yang diperbantukan untuk aksi spionase dalam beberapa tahun terakhir. Itu pertama kali ditemukan oleh nelayan Norwegia pada 2019 karena mengenakan pelindung kamera ketat berlabel 'Peralatan St. Petersburg'.

Orang Norwegia menjuluki beluga "Hvaldimir" - plesetan dari kata "paus" dalam bahasa Norwegia, hval, dan "dimir", merujuk pada dugaan hubungannya dengan Rusia.

Paus itu bergesekan dengan perahu nelayan, tampaknya berusaha melepaskan diri dari perlengkapan mata-mata. Namun, Rusia mengklaim tidak menggunakan paus sebagai mata-mata. Paus adalah hewan cerdas dengan kemampuan sonar luar biasa yang menggunakan gelombang suara untuk menemukan makanan dan mengidentifikasi mangsa dan pemangsa.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1159 seconds (0.1#10.140)