4 Alasan Mengapa AS Takut dengan Kekuatan Militer China

Jum'at, 26 Mei 2023 - 11:55 WIB
loading...
A A A


3. Latihan Perang Terus Menerus

4 Alasan Mengapa AS Takut dengan Kekuatan Militer China

Foto/Reuters

Yang menjadi permasalahan besar, Tentara China tidak memiliki pengalaman tempur kontemporer. “Saat itu tahun 1979 ketika China terakhir kali terlibat dalam konflik dunia nyata – dan itu terjadi di Vietnam,” jelas Shi Yang, analis militer China berbasis di Beijing. “Tanpa berperang nyata, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa [PLA] mungkin tidak dapat memenuhi harapannya," tuturnya.

Sebagai solusi, militer masih menyelenggarakan berbagai latihan yang menyerupai pertempuran nyata. Mereka kerap melakukan simulasi seperti pengepungan Taiwan hingga latihan perang bersama anggota aliansinya.

“Kekuatan militer tentara China dalam konflik modern sebagian besar akan bergantung pada teknologi, yang telah dengan mantap bergerak menuju arah yang benar,” kata Shi.

4. Mengadopsi Sistem Komando Militer AS

4 Alasan Mengapa AS Takut dengan Kekuatan Militer China

Foto/Reuters

Presiden Xi telah mengambil sejumlah langkah yang ditujukan untuk mengatasi beberapa kekurangan militer. Meniru dari militer AS, ia telah membentuk struktur tentara baru yang memberi Komisi Militer Pusat, yang diketuai oleh presiden, kepemimpinan yang lebih langsung atas angkatan bersenjata.

Di bawah reformasi menyeluruh, lima "komando ", yang secara geografis terletak di seluruh negeri, didirikan pada 2016. Divisi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara di setiap wilayah melapor langsung ke komando teater, memastikan operasi PLA terintegrasi secara lebih efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1133 seconds (0.1#10.140)