Perbandingan Kekuatan Militer China vs India, Dua Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia

Jum'at, 19 Mei 2023 - 17:30 WIB
loading...
Perbandingan Kekuatan Militer China vs India, Dua Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia
Perbandingan Kekuatan Militer China vs India, Dua Negara dengan Populasi Terbanyak di Dunia. FOTO/PTI
A A A
JAKARTA - China dan India menjadi dua negara yang punya populasi terbanyak di dunia. Bahkan baru-baru ini India diperkirakan akan menggusur Tiongkok sebagai negara dengan populasi terbanyak.

Dilansir dari United Nations, pada tahun 2023 populasi india diperkirakan akan mencapai lebih dari 1,429 miliar mengungguli China yang diprediksi hanya akan memiliki 1,426 miliar jiwa.

Selain memiliki jumlah populasi terbanyak, kedua negara ini belakangan juga diberitakan tengah memperkuat kekuatan militer mereka. Perbandingan kekuatan militer antara China dan India ini dikeluarkan oleh Global Fire Power pada tahun 2023.

Perbandingan Kekuatan Militer China vs India

1. Peringkat dan Jumlah Tentara


Dari segi peringkat, Kedua negara ini cukup bersaing ketat dimana China berada di posisi ke-3 sedangkan India bercongkol di urutan ke-4.

Sebagai negara yang punya populasi terbanyak, membuat dua negara ini memiliki banyak pasukan. China disini lebih unggul dengan mempunya 624,869,113 prajurit, sedangkan India hanya memiliki 515,555,492 personil.

Berdasar pengeluaran dana untuk kedua negara, China memiliki total budget yang jauh lebih besar dengan USD 230 miliar, ketimbang India yang hanya USD 54,2 miliar saja.

2. Kekuatan Angkatan Udara


Menilik dari jumlah pesawat tempur yang dimiliki kedua negara ini, Negeri Panda punya 1,199 unit. Jumlah tersebut hampir mencapai setengahnya milik India yang hanya punya 577 unit.

Sementara untuk jumlah Helikopter serang, China juga lebih unggul dengan 281 unit, sedangkan Iran hanya punya 36 unit saja.

India hanya unggul dari jumlah Pesawat Induk, dimana negara anak benua ini memiliki 6 unit, sedangkan China hanya punya 4 unit.


3. Kekuatan Angkatan Darat


Berpindah ke kekuatan angkatan darat, sebanyak 4.950 tank dimiliki oleh China. Jumlah tersebut berbeda tipis dari India yang telah punya 4.614 tank.

Dalam hal angkatan darat ini India hanya unggul dalam jumlah "towed artillery" atau meriam, dengan jumlah 3.311 unit, untuk China sendiri memiliki jumlah yang jauh lebih sedikit dengan 1.434 unit.

Sedangkan untuk kendaraan lapis baja, pelontar rudal, dan mobile artillery, China memiliki jumlah yang lebih banyak ketimbang India.

4. Kekuatan Angkatan Laut


Kekuatan armada angkatan laut China sendiri jauh lebih besar dengan total 730 armada. Sedangkan India hanya punya 295 armada.

Armada tersebut termasuk 78 kapal selam yang dimiliki oleh Rusia, dimana India hanya punya 18 unit kapal selam saja. Dari perbandingan tersebut sudah bisa dilihat bahwa China secara garis besar lebih unggul dari segala sisi ketimbang India.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1151 seconds (0.1#10.140)