4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A
Kesultanan Ottoman pernah menguasai Eropa selatan, Asia hingga Afrika utara pada abad 14 hingga awal abad 20. Puncak kejayaan Ottoman terjadi ketika dipimpin Sultan Mehmed atau dikenal dengan Muhammad al Fatih yang menaklukkan Konstantinopel pada 29 Mei 1453 dan mengakhiri kekaisaran Bizantium.

Kesultanan Ottoman mengalami kemunduran sejak awal abad 20. Itu dikarenakan adanya gerakan pemberontakan di kalangan anak muda. Selain itu, adanya pemberontakan di kalangan negara-negara Arab pada 1916 yang didukung oleh Inggris.



4. Inggris

4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Foto/Reuters

Inggris memiliki sejarah panjang sebagai negara besar. Inggris pernah menjadikan Amerika sebagai koloninya sebelum kemerdekaan pada 1783. Sebagai imperial, Inggris pernah menguasai India.Sejarah kelam identik dengan Inggris karena mengekspor 3,3 juta budak dari Afrika ke Amerika utara hingga kepulauan Karibia.

Inggris atau juga disebut dengan Britania Raya kini merupakan negara yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Inggris pernah menjadi negara industri pertama di dunia pada abad 19.

5. Bulgaria

Bulgaria pernah menjadi negara besar pada abad 7 hingga 11 tahun biasa disebut dengan Kekaisaran Byzantine. Kemudian, kekaisaran tersebutu bangkit lagi pada 1185 hingga 1422.

Bagaimana nasib Bulgaria saat ini? Bulgaria merupakan negara dengan luas 110 km persegi di Eropa tenggara. Dengan ibu kota Sofia, Bulgaria dikategorikan sebagai negara berkembang dengan pendapatan menengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1117 seconds (0.1#10.140)