4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:30 WIB
loading...
4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil
Mongolia merupakan negara kecil yang memiliki sejarah pernah menjadi penguasa dunia. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - Negara superpower di dunia selalu berganti seiring zaman yang terus berputar. Banyak negara besar yang dulunya berkuasa, kini juga menjadi negara kecil dengan pengaruh yang terbatas.

Itu menunjukkan bahwa sejarah juga memiliki siklus. Ketika dulu Inggris pernah menguasai dunia, kini Amerika Serikat (AS) dan China menjadi negara superpower yang berlomba menebar pengaruh.

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan. Itu disebabkan karena faktor politik, ekonomi, hingga bencana alam.

Berikut 7 negara yang dulunya memiliki sejarah sebagai negara besar tetapi kini menjadi negara kecil baik karena teritorialnya atau pun pengaruhnya.



1. Iran

4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Foto/Reuters

Iran dulunya yang dikenal dengan bangsa Persia merupakan negara besar yang memiliki kekuasaan dari Semenanjung Balkan di Eropa hingga India hingga ke Mesir. Persia merupakan negara pertama yang dulu membangun rute reguler untuk komunikasi antara tiga benua, yakni Afrika, Asia, dan Eropa.

Mereka membangun banyak jalan baru dan mengembangkan layanan pengiriman pos pertama di dunia. Selain, itu Persia juga menjadi negara yang mampu menjadi pusat global dalam budaya, sains, dan seni.

Kekaisaran Persia memasuki masa kegelapan sejak kekalahan saat invasi ke Yunani pada 480 sebelum masehi.Hingga akhirnya jatuh karena invasi tentara Alexander Agung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)