4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Kamis, 18 Mei 2023 - 13:30 WIB
loading...
A A A
6. Italia

Italia merupakan negara yang dulunya dikenal dengan Romawi. Sejarah mencatat Romawi merupakan salah satu penguasa dunia yang berusia sejak 753 sebelum masehi hingga 1453 masehi. Mereka pernah menjadi bangsa yang menguasai perekonomian, teknologi hingga ekonomi.

"Bangsa Romawi menjadi pedagang asing yang berdagang di banyak negara," ujar Jeffery Spier, pakar sejarah dan barang anti, kepada Getty. "Bangsa Romawi berbagai seni, agama, mitos dan budaya sehingga mereka menjadi negara superpower," tuturnya.

Kini, Italia memiliki luas 301 km persegi dengan penduduk 60 juta. Namun, Italia disebut sebagai negara superpower dalam bidang budaya karena sejarah panjang dan peradaban yang telah dibangunnya.

7. Rusia

4 Negara yang Dulunya Luas Sekarang Kecil

Foto/Reuters

Rusia dulunya merupakan negara besar, bernama Uni Soviet. Itu dikenal sebagai negara transkontinental dengan kekuasaan sejak 1922-1991. Dengan kehancuran Uni Soviet, Federasi Rusia berdiri sebagai kelanjutannya dengan konsekuensi beberapa negara bagian memproklamirkan kemerdekaan. Dulu Soviet memiliki luas 22,4 juta km persegi, Rusia hanya memiliki luas 17 juta km persegi.

Meskipun Soviet dulu menjadi salah satu kekuatan dunia yang disegani, Rusia kini dipandang tetap sebagai ancaman bagi Barat. Namun, kekuatan Rusia tak lagi disamakan dengan kebesaran dan kejayaan Soviet. Rusia tetap berusaha memosisikan diri sebagai kekuatan dunia yang menjadi lawan negara-negara Barat.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)