2 Negara Eropa yang Pernah Bantai Kaum Muslim Besar-besaran

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:53 WIB
loading...
A A A
Genosida Bosnia tetap menjadi bagian penting dari sejarah modern, mengingat betapa tragis dan berdampaknya peristiwa ini bagi rakyat Bosnia dan Herzegovina.

Meskipun sudah 25 tahun berlalu sejak peristiwa ini terjadi, pengingatannya tetap hidup dan menjadi pelajaran berharga bagi dunia untuk tidak pernah mengulangi kesalahan yang sama.

2. Pembantaian Bulgaria


Pada tahun 1989, terjadi pembantaian terhadap orang Turki di Bulgaria yang mengakibatkan 310.000 orang Turki meninggalkan negara itu.

Mereka ditekan oleh kampanye asimilasi rezim diktator komunis Todor Zhivkov. Meskipun sepertiga dari mereka kembali sebelum akhir tahun, banyak yang masih menderita akibat dari kampanye tersebut.

Program kampanye asimilasi dimulai pada tahun 1984 dan memaksa semua orang Turki dan semua Muslim lainnya yang tinggal di Bulgaria untuk menggunakan nama Bulgaria dan meninggalkan semua kebiasaan Muslim.

Dipercaya bahwa faktor utama di balik kampanye asimilasi 1984 adalah tingkat kelahiran orang Turki yang tidak proporsional dan tingkat kelahiran orang Bulgaria yang lebih rendah.

Selama fase perubahan nama, kota dan desa Turki dikelilingi oleh unit tentara. Warga diberikan kartu identitas baru dengan nama Bulgaria. Jika gagal menunjukkan kartu baru berarti penyitaan gaji, pembayaran pensiun, dan penarikan bank.

Akta kelahiran atau pernikahan hanya akan diterbitkan atas nama Bulgaria. Kostum tradisional Turki dilarang; rumah digeledah dan semua tanda identitas Turki disingkirkan. Masjid ditutup.

Dalam upaya untuk melawan tindakan asimilasi, beberapa orang menolak untuk mengubah nama mereka dan mempertahankan identitas Turki mereka.

Namun, menurut perkiraan kontemporer, 500 hingga 1.500 orang terbunuh ketika mereka menolak tindakan asimilasi, dan ribuan lainnya dipenjara, dikirim ke kamp kerja paksa atau dipindahkan secara paksa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)