2 Negara Eropa yang Pernah Bantai Kaum Muslim Besar-besaran

Kamis, 04 Mei 2023 - 20:53 WIB
loading...
2 Negara Eropa yang Pernah Bantai Kaum Muslim Besar-besaran
Muslim Bosnia dan Bosnia Kroasia pernah menjadi korban pembantaian dalam Perang Bosnia pada tahun 1992-1995. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Ada beberapa negara Eropa yang tercatat pernah membantai kaum Muslim secara besar-besaran. Dalam artikel ini, akan diulas dua negara Eropa yang pernah melakukan tindakan tersebut.


1. Genosida Bosnia


Genosida Bosnia merujuk pada peristiwa genosida di Srebrenica dan Žepa yang dilakukan oleh pasukan Serbia Bosnia selama Perang Bosnia pada tahun 1992-1995.

Kampanye pembersihan etnis ini menyebar di seluruh kawasan yang dikendalikan oleh Angkatan Darat Republika Srpska dan menargetkan terutama Muslim Bosnia dan Bosnia Kroasia.



Peristiwa di Srebrenica pada tahun 1995 merupakan salah satu tragedi kelam dalam sejarah dunia. Lebih dari 8.000 Muslim Bosnia tewas dalam pembantaian yang dilakukan oleh unit-unit Angkatan Darat Republika Srpska di bawah komando Jenderal Ratko Mladić.

Selain itu, sekitar 25.000-30.000 warga sipil Bosnia lainnya juga mengalami pengusiran massal di dalam dan di sekitar kota Srebrenica, Bosnia dan Herzegovina.

Kampanye pembersihan etnis tersebut meliputi penahanan tanpa pengadilan, pembunuhan, pemerkosaan, serangan seksual, penyiksaan, penikaman, perampasan dan perlakuan tak manusiawi terhadap warga sipil.

Kampanye ini juga menargetkan pemimpin politik, intelektual, dan profesional, serta meliputi deportasi tanpa pengadilan dan pemindahan warga sipil, penahanan warga sipil tanpa pengadilan, perampasan dan penjarahan barang-barang milik pribadi tanpa pengadilan, penghancuran rumah dan usaha, dan penghancuran tempat ibadah.

Pada 1990-an, beberapa otoritas menyatakan bahwa pembersihan etnis yang dilakukan oleh unsur-unsur Angkatan Darat Serbia Bosnia adalah genosida.

Penindakannya meliputi sebuah resolusi yang dibuat oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa dan tiga penghukuman atas dakwaan genosida di pengadilan Jerman.

Penghukuman-penghukuman tersebut didasarkan pada interpretasi genosida secara menyeluruh yang digunakan oleh pengadilan internasional. Pada 2005, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan sebuah resolusi yang menyatakan bahwa "kebijakan agresi dan pembersihan etnis yang dilakukan oleh Serbia dapat diartikan sebagai sebuah genosida".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)