Bos BBC Richard Sharp Mundur karena Laporan yang Memberatkan

Sabtu, 29 April 2023 - 05:15 WIB
loading...
Bos BBC Richard Sharp Mundur karena Laporan yang Memberatkan
Kepala penyiaran Inggris BBC, Richard Sharp, mengundurkan diri. Foto/bbc
A A A
LONDON - Kepala penyiaran negara Inggris BBC, Richard Sharp, mengumumkan pengunduran dirinya setelah laporan menemukan dia melanggar kode pemerintahan untuk penunjukan publik.

Penyelidikan mengungkap dia telah menyembunyikan informasi atas keterlibatannya dengan keuangan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson, sebelum mendapatkan pekerjaan teratas di jaringan media itu.

Klaim tersebut pertama kali muncul di Sunday Times pada Januari. Komisioner penunjukan publik kemudian menugaskan pengacara Adam Heppinstall untuk menyelidiki kebenarannya.

Dalam pernyataan yang diterbitkan di situs BBC pada Jumat (28/4/2023), Sharp bersikeras meskipun dia "melanggar aturan tata kelola untuk penunjukan publik", kesalahan itu "tidak disengaja dan tidak material".

Kepala penyiar publik mengklaim penyelidikan telah mengkonfirmasi hal ini, menyimpulkan “pelanggaran tidak serta merta membatalkan penunjukan.”



Sharp kemudian menjelaskan dia telah memutuskan mengosongkan jabatannya terlepas dari "memprioritaskan kepentingan BBC."

Namun, dia akan tetap menjabat hingga Juni ketika penggantinya ditunjuk.

Sharp mengklaim dia bertindak "dengan itikad baik" dan "dengan niat terbaik", ketika dia memperkenalkan multimiliuner Kanada Sam Blyth kepada perdana menteri saat itu pada Desember 2020.

Sharp akhirnya bertindak sebagai penjamin pinjaman untuk Johnson, dengan hingga 800.000 poundsterling (USD997.440) dilaporkan diberikan kepada politisi tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0997 seconds (0.1#10.140)