7 Negara yang Tetap Memiliki Angkatan Laut Meski Tak Punya Wilayah Laut, Ada Tetangga Indonesia

Kamis, 27 April 2023 - 19:01 WIB
loading...
A A A

2. Uganda


Berikutnya ada Uganda. Negara di kawasan Afrika Timur ini berbatasan dengan Kenya di timur, Sudan Selatan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, serta Tanzania di bagian selatan.

Sama halnya seperti Paraguay, Uganda juga memiliki angkatan laut meski tidak punya wilayah laut. Mereka dikenal dengan sebutan The Uganda People’s Defence Force Marine Wing.

Beroperasi di Danau Victoria, Marine Wing tersebut memiliki ratusan personel dan sejumlah kapal patroli. Tugas mereka adalah untuk mengawasi wilayah di Danau Victoria dan sekitarnya.

3. Kazakhstan


Beralih ke Asia, kali ini ada Kazakhstan. Mengutip laman The Diplomat, Angkatan Laut negara ini diperkirakan berdiri pada tahun 2003 berdasarkan dekrit presiden.

Namun, sumber lain menyebutkan mereka didirikan sekitar tahun 1995. Dalam sejarahnya, mereka awalnya adalah pecahan dari armada Laut Kaspia bekas Uni Soviet.

Pada armada yang dimiliki, Angkatan Laut Kazakhstan memiliki banyak kapal patroli yang bertugas untuk berjaga dan mengawasi wilayah perbatasan di sekitar Laut Kaspia.

4. Azerbaijan


Berikutnya ada Azerbaijan. Mengutip laman Kementerian Pertahanan Azerbaijan, angkatan laut negara ini terbentuk pasca-Inggris pergi dari Azerbaijan sekitar tahun 1919.

Seiring waktu, kekuatan personel serta perlengkapan angkatan laut Azerbaijan juga terus berkembang. Tak hanya dari para tentara saja, namun juga berupa kapal-kapal yang mendukung jalannya pengawasan dan misi tertentu di sekitar Laut Kaspia.

5. Rwanda


Negara terkurung daratan di kawasan Afrika ini mungkin jarang terdengar oleh masyarakat luas. Wilayahnya berbatasan dengan Uganda, Tanzania, Burundi, hingga Republik Demokratik Kongo.

Meski tak memiliki wilayah laut, namun mereka mempunyai angkatan laut. Pasukan tersebut bertugas untuk menjaga perbatasan di area Danau Kivu yang berbatasan langsung dengan Republik Demokratik Kongo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)