7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Minggu, 31 Maret 2024 - 18:55 WIB
loading...
7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS
Runtuhnya jembatan Baltimore yang ditabrak kapal Singapura menyebabkan kerugian besar bagi AS. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Runtuhnya jembatan besar di Baltimore awal pekan ini telah menyebabkan terhentinya lalu lintas kapal di Pelabuhan Baltimore, salah satu pelabuhan tersibuk di Amerika Serikat .

Pada hari Rabu, dilaporkan bahwa Maryland akan menerima dana awal sebesar USD60 juta dari pemerintah federal ketika otoritas negara bagian berupaya membersihkan puing-puing bencana. Pendanaan bantuan darurat ini untuk menutupi “mobilisasi, operasi dan pemulihan puing-puing”, kata negara bagian tersebut.

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

1. Tragedi Besar bagi AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, jembatan Francis Scott Key di Baltimore, Maryland, sebuah jembatan baja yang dibuka pada tahun 1977 yang membentang di bagian hilir Sungai Patapsco dan bagian luar pelabuhan Baltimore, runtuh ketika sebuah kapal kontainer menabrak salah satu pilar penyangganya sekitar pukul 01:27 pada hari Selasa lalu.

Mobil yang melintasi jembatan terjatuh ke sungai, dan enam pekerja hilang dan kini diperkirakan tewas.

Kapal berbendera Singapura yang menabrak jembatan itu bernama Dali dan sedang menuju Sri Lanka. Seluruh awak pesawat yang berjumlah 22 orang serta dua pilot telah dilaporkan dan tidak ada laporan korban luka.

Sejak kejadian itu, lalu lintas kapal untuk keluar masuk pelabuhan terhenti. Namun pelabuhan tersebut tidak ditutup dan truk masih diproses di dalam terminal laut.


2. Mengganggu Ekonomi AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Pelabuhan Baltimore adalah pelabuhan AS terbesar kesembilan dalam hal volume perdagangan keseluruhan. Perusahaan ini menangani kargo termasuk mobil, mesin, peralatan pertanian, gas alam cair, dan gula.

Pada tahun 2023, pelabuhan tersebut menangani sekitar 50 juta ton dan USD80 miliar kargo yang bergerak antara AS dan negara lain.

Pelabuhan tersebut memproses 847.158 mobil tahun lalu, menurut angka dari negara bagian Maryland. Sekitar 70 persen di antaranya diimpor.

3. Mengguncang Ekspor Batu Bara AS

7 Dampak Runtuhnya Jembatan Baltimore di AS

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0969 seconds (0.1#10.140)