Taliban Perpanjang Larangan Bekerja Staf Wanita PBB di Afghanistan

Rabu, 05 April 2023 - 09:30 WIB
loading...
Taliban Perpanjang Larangan Bekerja Staf Wanita PBB di Afghanistan
Taliban Perpanjang Larangan Bekerja Staf Wanita PBB di Afghanistan. FOTO/Reuters
A A A
KABUL - Taliban telah memperpanjang larangan bekerja kaum wanita untuk LSM ke misi PBB di seluruh negeri. PBB menegaskan, larangan seperti itu tidak dapat diterima.

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) mengatakan pada hari sebelumnya bahwa karyawan wanita PBB telah diblokir dari pekerjaan di provinsi Nangarhar timur.



“UNAMA menerima perintah dari otoritas de facto yang melarang anggota staf perempuan PBB untuk bekerja,” kata juru bicara sekretaris jenderal, Stephane Dujarric, kepada wartawan, seperti dikutip dari AFP.

Ia menambahkan, bahwa PBB telah mendengar dari berbagai saluran bahwa ini berlaku untuk seluruh negara. Dujarric mengatakan belum ada perintah tertulis yang diterima, tetapi PBB akan mengadakan pertemuan dengan Taliban pada hari Rabu di Kabul untuk "mencari kejelasan."

“Ini adalah tren terkini yang melemahkan kemampuan organisasi bantuan untuk menjangkau mereka yang paling membutuhkan,” tambah Dujarric.

“Anggota staf wanita sangat penting bagi PBB untuk memberikan bantuan yang menyelamatkan nyawa,” katanya. Ia mencatat bahwa PBB sedang bekerja untuk menjangkau 23 juta orang dengan bantuan kemanusiaan di negara tersebut.



PBB mempekerjakan sekitar 400 wanita Afghanistan – sebagian besar dari sekitar 600 anggota staf wanita yang bekerja di Afghanistan, menurut angka PBB. Ada total sekitar 3.300 warga Afghanistan dalam 3.900 tenaga kerja PBB yang kuat di negara itu.

“Sangat sulit membayangkan bagaimana kami memberikan bantuan kemanusiaan tanpa staf perempuan kami,” kata Dujarric. Ia mencatat bahwa pekerja wanita sangat penting untuk operasi bantuan di lapangan di Afghanistan, khususnya dalam mengidentifikasi wanita lain yang membutuhkan.

Setelah larangan diumumkan tahun lalu, beberapa LSM menangguhkan seluruh operasi mereka sebagai protes, menambah kesengsaraan lebih lanjut pada 38 juta warga Afghanistan, setengah dari mereka menghadapi kelaparan, menurut lembaga bantuan.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1358 seconds (0.1#10.140)