Finlandia Resmi Gabung, Perbatasan NATO dengan Rusia Berlipat Ganda

Selasa, 04 April 2023 - 23:36 WIB
loading...
A A A
NATO sekarang akan memiliki tujuh anggota di Laut Baltik, lebih lanjut mengisolasi akses pesisir Rusia ke St Petersburg dan eksklave kecilnya di Kaliningrad.

Saat menyerahkan dokumen aksesi kepada Blinken, Menteri Luar Negeri Finlandia Pekka Haavisto mengatakan dia memiliki tugas awal yang sangat penting.



"Tugasnya adalah memberikan kepada Anda untuk deposit juga ratifikasi kami untuk keanggotaan Swedia," ujarnya.

Permohonan Swedia untuk saat ini macet, dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menuduh Stockholm merangkul militan Kurdi dan membiarkan mereka berdemonstrasi di jalanan. Hongaria juga belum menyetujui bergabungnya Swedia.

Stoltenberg mengatakan hal yang paling penting adalah bahwa Swedia bergabung secepat mungkin dan presiden Finlandia mengatakan dia berharap untuk menyambut tetangga Nordiknya di pertemuan puncak NATO berikutnya di Lithuania pada bulan Juli.

Perjalanan Helsinki untuk aksesi berlangsung kurang dari setahun, dan upacara hari Selasa ini bertepatan dengan peringatan 74 tahun berdirinya NATO pada tahun 1949.

"Finlandia adalah sekutu yang hebat, sangat cakap, berbagi nilai-nilai kami dan kami mengharapkan transisi mulus ke kursi yang tepat di meja," kata Duta Besar AS untuk NATO Julianne Smith kepada BBC.

Kremlin mengatakan bahwa Rusia dipaksa untuk mengambil tindakan balasan untuk memastikan keamanannya sendiri, secara taktis dan strategis, tetapi menunjukkan bahwa Rusia tidak pernah berselisih dengan Helsinki seperti Ukraina yang telah menjadi "anti-Rusia".

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov memperingatkan bahwa Rusia akan mengawasi dengan cermat apa yang terjadi di Finlandia, menggambarkan perluasan NATO sebagai pelanggaran keamanan dan kepentingan nasional Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)