Finlandia Resmi Gabung, Perbatasan NATO dengan Rusia Berlipat Ganda

Selasa, 04 April 2023 - 23:36 WIB
loading...
A A A
"Ini hari yang luar biasa bagi Finlandia," kata Presiden Finlandia Sauli Niinisto, memproklamirkan era baru bagi negaranya seperti dikutip dari BBC, Selasa (4/4/2023).



Ia mengatakan Finlandia akan menjadi sekutu yang dapat diandalkan dan keanggotaannya tidak akan menjadi ancaman bagi siapa pun.

"Keamanan dan stabilitas adalah unsur-unsur yang kami rasakan sangat kuat; jika orang dapat hidup dalam keadaan stabil yang aman, itulah unsur dasar kehidupan bahagia," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg sebelumnya, menggambarkannya sebagai hari yang membanggakan baginya dan aliansi tersebut.

"Ini akan membuat Finlandia lebih aman dan NATO lebih kuat," katanya.

"Presiden Putin memiliki tujuan yang dinyatakan dari invasi Ukraina untuk mendapatkan lebih sedikit NATO di sepanjang perbatasannya dan tidak ada lagi keanggotaan di Eropa, dia justru mendapatkan sebaliknya," imbuhnya.

Finlandia membawa sekitar 30.000 angkatan bersenjata aktif yang lengkap dan terlatih. Negara itu juga dapat memanggil 250.000 cadangan.

Ini juga memberikan tantangan bagi NATO untuk membantu menjaga keamanan perbatasannya yang panjang dengan Rusia, tetapi itu sudah termasuk dalam rencana pertahanan terbaru NATO untuk menjaga keamanan aliansi.

Jens Stoltenberg mengatakan NATO belum melihat adanya perubahan pada postur nuklir Rusia yang memerlukan perubahan apa pun oleh aliansi tersebut. Dia menambahkan tidak akan ada pasukan NATO yang ditempatkan di Finlandia tanpa persetujuan pemerintah di Helsinki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)