Finlandia Resmi Gabung, Perbatasan NATO dengan Rusia Berlipat Ganda

Selasa, 04 April 2023 - 23:36 WIB
loading...
Finlandia Resmi Gabung, Perbatasan NATO dengan Rusia Berlipat Ganda
Finlandia resmi gabung, perbatasan NATO dengan Rusia berlipat ganda. Foto/BBC
A A A
BRUSSELS - Finlandia secara resmi menjadi anggota ke-31 aliansi keamanan NATO . Ini menjadikan perbatasan negara anggota aliansi militer pimpinan Amerika Serikat (AS) dengan Rusia itu berlipat ganda.

Menteri Luar Negeri Finlandia menyerahkan dokumen aksesi kepada Menteri Luar Negeri AS yang menyatakannegara itusebagai anggota.

Kemudian di bawah sinar matahari yang cerah di depan markas baru NATO yang berkilauan, bendera putih-biru Finlandia bergabung dengan lingkaran 30 bendera negara anggota lainnya.

Sebuah band militer memainkan lagu kebangsaan Finlandia diikuti dengan himne NATO. Di luar pagar pembatas, sekelompok kecil pengunjuk rasa yang mengibarkan bendera Ukraina meneriakkan "Ukraina di NATO", sebuah pengingat mengapa Finlandia yang nonblok meminta untuk bergabung bersama Swedia pada Mei 2022.

Finlandia berbagi 1.340 km perbatasan sebelah timurnya dengan Rusia dan setelah perang di Ukraina dimulai Helsinki memilih perlindungan Pasal Lima NATO, yang mengatakan serangan terhadap satu anggota adalah serangan terhadap semua.

Artinya, jika Finlandia diserbu atau diserang, semua anggota NATO - termasuk AS - akan membantunya.

Aksesi Finlandia merupakan kemunduran bagi Vladimir Putin dari Rusia. Ia telah berulang kali mengeluhkan ekspansi NATO sebelum invasi besar-besaran ke Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dengan menyerang tetangganya, pemimpin Rusia itu telah memicu apa yang ingin dia cegah.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan dia "tergoda untuk mengatakan ini mungkin satu hal yang dapat kami ucapkan terima kasih kepada Putin, karena dia sekali lagi di sini telah memicu sesuatu yang dia klaim ingin dicegah dengan agresi Rusia".

Invasi Rusia memicu lonjakan opini publik Finlandia untuk bergabung dengan NATO hingga 80% mendukung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)