Negara Uni Eropa Ini Dukung Rencana Perdamaian Rusia-Ukraina Usulan China

Selasa, 28 Februari 2023 - 20:14 WIB
loading...
A A A
Dia juga mengakui bahwa Ukraina kemungkinan besar pada akhirnya “cepat atau lambat” akan bergabung dengan NATO sambil berargumen bahwa perluasan lebih lanjut blok itu ke timur harus dipertimbangkan kembali sepuluh ribu kali.



Pada saat yang sama, Orban mendukung aksesi Swedia dan Finlandia ke NATO. Dia juga menggambarkan blok militer sebagai penjamin keamanan, sambil mengakui bahwa dia tidak antusias dengan semua yang terjadi di dalam NATO.

Sementara itu, pendukung Kiev di Barat telah menepis proposal Beijing. Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan bahwa China tidak “memiliki banyak kredibilitas” dalam masalah ini karena menolak untuk mengutuk tindakan Rusia dan bergabung dengan sanksi Barat.

Moskow sebelumnya menyambut baik upaya China yang bertujuan menyelesaikan konflik yang sedang berlangsung melalui cara damai. Minggu lalu, Kremlin mengatakan, bagaimanapun, bahwa pihaknya tidak melihat peluang untuk penyelesaian politik dari konflik tersebut saat ini.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky baru-baru ini menyatakan bahwa tidak ada yang perlu dibicarakan dengan Rusia dan tidak ada seorang pun di Moskow yang dapat diajak bicara oleh Kiev.

Kata-katanya datang di tengah upaya yang dilaporkan oleh para pendukung Baratnya, termasuk Prancis, Jerman dan Inggris, untuk mendorong Ukraina terlibat dalam pembicaraan dengan Rusia.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1484 seconds (0.1#10.140)