Negara Uni Eropa Ini Dukung Rencana Perdamaian Rusia-Ukraina Usulan China

Selasa, 28 Februari 2023 - 20:14 WIB
loading...
Negara Uni Eropa Ini Dukung Rencana Perdamaian Rusia-Ukraina Usulan China
Perdana Menteri Hongarian Viktor Orban. Foto/CNN
A A A
BUDAPEST - Perdana Menteri Viktor Orban mengatakan pemerintah Hongaria mendukung rencana perdamaian Beijing untuk konflik yang sedang berlangsung di Ukraina. Hal itu diungkapkannya kepada parlemen negara itu.

Rencana 12 poin yang dirilis oleh China minggu lalu menyerukan untuk melanjutkan pembicaraan damai dan menghormati kedaulatan serta integritas wilayah semua negara sambil mengutuk sanksi sepihak.

“Kami juga menganggap rencana perdamaian China penting dan mendukungnya,” kata Orban kepada anggota parlemen seperti dilansir dari RT, Selasa (28/2/2023).

Dalam pidatonya selama setengah jam, Orban menegaskan bahwa konflik yang sedang berlangsung itu buruk bagi Ukraina, Rusia, Hongaria, dan Eropa.

"Dan semakin jelas (bahwa) itu buruk bagi seluruh dunia,” ujarnya.



Perdana Menteri Hongaria itu kemudian menyatakan bahwa Budapest harus menghindari konflik, seperti yang diputuskan melalui "konsultasi nasional".

Orban juga mengkritik beberapa partai oposisi karena tampaknya terlalu bersemangat dalam mendukung Kiev sampai pada titik di mana mereka hampir tidak "membedakan" antara Ukraina dan Hongaria, tetapi mengatakan bahwa dia setuju harus ada negara antara Rusia dan Hongaria.

"Kami menghormati Ukraina, kami membantu Ukraina," kata Orban.

"Bagaimanapun, bahwa kepentingan Ukraina tidak pernah bisa mendahului kepentingan Hongaria," ia menambahkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2062 seconds (0.1#10.140)